Mohon tunggu...
Dwi Purnawan
Dwi Purnawan Mohon Tunggu... Jurnalis - Saya adalah seorang pegiat literasi digital dan jurnalis di salah satu media online lokal di Jawa Timur

Lifetime learner | be a super dad | online jurno

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Saya dan Fotografi

24 April 2012   13:21 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:10 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13352734361335363164

Karena bagi saya, gambar itu menghidupkan, gambar itu warna – warni dunia, yang akan menghidupkan hatimu.

Hasil Fotografi saya

Berbicara fotografi dan saya, ibarat dua mata uang, yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Selain karena memang hobi saya poto – poto, juga kata temen saya (ini jujur lho) saya itu orangnya fotogenik J. Tetapi memang fotografi bagi saya suatu hal yang penting untuk menjadi pendamping aktivitas kita. sebab gambar – gambar yang kita dapatkan dari aktivitas foto-foto tersebut, akan memperjelas narasi – narasi yang kita buat dalam bentuk tulisan. Tulisan – tulisan kita akan diperjelas dengan adanya fotografi. Misalnya gambar pemandangan, kalau kita buat dalam bentuk tulisan, gambar tersebut akan mempejelas visualisasi dari tulisan tersebut, sehingga nilainya menjadi lebih kuat.

Karena kebetulan saya juga seorang pegiat humas, jadi sedikit sedikit mengerti lah tentang fotografi, baik tekniknya, maupun gambar – gambar yang bagus itu apa saja. Walaupun tak pernah diajari teknik fotografi dan tak pernah ikut training fotografi, ternyata minat dan kecintaan pada fotografi membuat saya suka dengan hobi yang satu ini.

Aktivitas fotografi yang saya tekuni ini, dimulai sejak saya punya blog ini, lalu memotret beberapa obyek gambar, seringnya saya ambil di pacitan, lalu saya posting di blog. Ee, ternyata hasilnya lumayan mendapatkan banyak apresiasi. Bahkan sekarang halaman saya di blog tentang Pacitanisme, yang isinya foto – foto, menduduki peringkat pertama tulisan terpopuler, dengan rata – rata pengunjung halaman ini berkisar antara 60-100 pengunjung per harinya. Memang sih, jujur, seringnya obyek yang saya ambil gambarnya adalah yang berbau Pacitan.

Ini juga yang makin membuat saya cinta Pacitan. Setiap kali saya pulang kampung, saya selalu menyempatkan mengambil view yang unik, menarik, dan bagus dari Kota yang mendapat julukan 1001 Goa ini, baik itu laut, pemandangan, gunung, tanah tandus, sampai aktivitas MCK di kali grindulu pun pernah jadi sasaran obyek bidikan saya. Lalu kemudian gabar – gambar tersebut saya posting di blog, saya tambahkan sedikit sentuhan emosional dalam bentuk tulisan, and then, jadilah artikel yang menarik.

Dan mengenai lomba fotografi yang pernah saya ikuti, saya pernah ikt dua kompetisi fotografi, dan alhamdulillah dua – duanya belum mendapatkan prestasi. Yang pertama ikut lomba fotografi bertemakan lingkungan, yang diadakan PATTIRO Pusat, dan hasilnya tidak ada kabarnya sama sekali dari pihak PATTIRO terkait lomba itu, kemudian yang kedua adalah Lomba Fotografi Pendidikan yang diadakan oleh DIKTI, dan alhamdulillah belum berhasil juga karena ada kesalahan teknis. Saya salah ngirim email. Duuh (geje banget).

Nyesel ia, tapi bangga juga ia. Itu hal yang saya rasakan ikut dua kompetisi fotografi tersebut. Nyesel karena tak menang karena salah kirim email. Tetapi disisi lain bangga juga, karena hasil jepretan saya saat lomba PATTIRO, kebetulan waktu itu tema-nya adalah tentang kerusakan lingkungan, jadi saya ngambil fotonya di kawasan PT Dragonfly Arjosari Pacitan. Nah, hasil jepretan saya di PT Dragonfly ini tidak ada kabarnya sama sekali dari PATTIRO, apakah gugur, apakah gimana, sampai sekarang tak ada kabarnya. Tetapi ternyata foto saya tentang PT Dragonfly ini berguna buat dunia pendidikan. Why?

Ya, foto saya tentang PT Dragonfly dipakek Cover buku- buku terbitan Intan Pariwara. Yah, walaupun belum bisa berbuat lebih, setidaknya hal itu cukup membuat bahagia. Karena turut berpartisipasi di dunia pendidikan, walaupun cuman jadi desain cover buku saja.

Dan kedepan, sepertinya saya masih akan terus menekuni hobi yang satu ini, apalagi kalau nanti DSLRnya sudah dapet, makin cinta deh sama fotografi.

Panji Anom Kaliwinong

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun