Lokasi SD Negeri 3 Kedungbenda
Ruang lingkup sekolah dasar
Tujuan yang ingin dicapai meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran
Penulis Dwi Nur Sahid
Tanggal aksi 10 November 2022
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
- Siswa selama kegiatan pembelajaran terlihat kurang semangat, tidak memperhatikan guru dan tidak mampu menjawab pertanyaan terkait materi yang baru saja disampaikan.
- Model pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat teacher center
- Guru dalam menyampaikan materi mengandalkan ceramah, penugasan serta kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
- Guru belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa dan karakteristik materi pelajaran
Dari latar belakang tersebut, dapat disimpulkan bahwa model, metode dan media yang digunakan guru kurang menarik bagi siswa sehingga siswa tidak tertarik dan merasa bosan, hal ini menyebabkan rendahnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Praktik pembelajaran yang saya lakukan ini penting untuk dibagikan karena banyak guru yang mengalami permasalahan seperti permasalahan saya dalam mengajar. Diharapkan praktik yang saya lakukan ini dapat memotivasi saya sendiri untuk lebih baik dalam mengajar juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi  guru-guru yang lain.
Peran saya sebagai guru/ fasilitator mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang sesuai sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai
Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan adalah :
- Guru harus terampil dalam memahami karakteristik siswa dan materi pelajaran, merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, memahami sintaks model pembelajaran inovatif
- Pemilihan dan penggunaan model pembelajaran inovatif harus sesuai dengan karakteristik materi dan gaya belajar siswa
- Pemilihan metode dan media pembelajaran yang tepat dan menarik dengan pendekatan TPACK
- Guru harus bisa menumbuhkan motivasi dan semangat siswa dengan membuat kegiatan pembelajaran yang menyenangkan
Dari empat hal yang menjadi tantangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi berasal dari arah kompetensi y guru yaitu kompetensi pedagogi dan profesional sedangkan faktor luar dari guru adalah media pembelajaran sedang dari siswa adalah motivasi belajar