Mohon tunggu...
Dwi Nur Sahid
Dwi Nur Sahid Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas

Seorang guru yang ingin terus belajar dan memberikan manfaat kepada sesama

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practice Menggunakan Metode STAR Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa

11 Desember 2022   23:36 Diperbarui: 11 Desember 2022   23:37 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi SD Negeri 3 Kedungbenda

Ruang lingkup sekolah dasar

Tujuan yang ingin dicapai meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran

Penulis Dwi Nur Sahid

Tanggal aksi 10 November 2022

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  • Siswa selama kegiatan pembelajaran terlihat kurang semangat, tidak memperhatikan guru dan tidak mampu menjawab pertanyaan terkait materi yang baru saja disampaikan.
  • Model pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat teacher center
  • Guru dalam menyampaikan materi mengandalkan ceramah, penugasan serta kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
  • Guru belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa dan karakteristik materi pelajaran

Dari latar belakang tersebut, dapat disimpulkan bahwa model, metode dan media yang digunakan guru kurang menarik bagi siswa sehingga siswa tidak tertarik dan merasa bosan, hal ini menyebabkan rendahnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Praktik pembelajaran yang saya lakukan ini penting untuk dibagikan karena banyak guru yang mengalami permasalahan seperti permasalahan saya dalam mengajar. Diharapkan praktik yang saya lakukan ini dapat memotivasi saya sendiri untuk lebih baik dalam mengajar juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi  guru-guru yang lain.

Peran saya sebagai guru/ fasilitator mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang sesuai sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan adalah :

  • Guru harus terampil dalam memahami karakteristik siswa dan materi pelajaran, merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, memahami sintaks model pembelajaran inovatif
  • Pemilihan dan penggunaan model pembelajaran inovatif harus sesuai dengan karakteristik materi dan gaya belajar siswa
  • Pemilihan metode dan media pembelajaran yang tepat dan menarik dengan pendekatan TPACK
  • Guru harus bisa menumbuhkan motivasi dan semangat siswa dengan membuat kegiatan pembelajaran yang menyenangkan

Dari empat hal yang menjadi tantangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi berasal dari arah kompetensi y guru yaitu kompetensi pedagogi dan profesional sedangkan faktor luar dari guru adalah media pembelajaran sedang dari siswa adalah motivasi belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun