Filsafat  pendidikan di bedakan menjadi tiga yaitu metode positivisme,fenomenologis,dan kritis.
Yang pertama metode positifisme adalah aliran yang berpangkal pada suatu yang nyata,realitas,dan faktual. Menurut KBBI adalah aliran pengetahuan semata-mata yang berdasarkan pengalaman,ilmu yang pasti. Contohnya upaya pembangunan kurikulum. Tokoh dari metode ini adalah auguste comteÂ
Yang kedua yaitu metode fenomenologis adalah suatu kajian atas fenomena alam atau gejala yang tampak maupun tidak tampak. Contohnya meneliti atau eksperimen suatu hal kecil yang dapat mempraktekan teori yang sdh di kuasai oleh peserta didik di sekolah
Dan yg terakhir Metode kritis Socrates dan Plato. Socrates tidak mengemukakan dalam bentuk tulisan tetapi diambil dari potongan-potongan dialog antar dua tokoh yang membahas suatu permasalahan. Potongan dialog bisa di ambil dari dialog plato di sebut dialog socratis. Metode socrates ini bersifat praktis karena di jelaskan oleh beberapa percakapan dan socrates tidak menyelidiki fakta-fakta,dan socrates menyelidiki suatu bentuk prilaku,pendapat atau aturan orang lain. Metode plato adalah memperluas dari metode socrates yang bertujuan membuka pemahaman tentang hakikat yang tak terubah. Contohnya pemecahan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pembelajaran atau penget
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H