Mohon tunggu...
Dwina Septia
Dwina Septia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember

Hobby bermain bulutangkis dan mudah bersosialisasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Kolaboratif Tahun 2022 Bantu Branding Produk Petis Ikan di Desa Mojomulyo

24 Agustus 2022   19:27 Diperbarui: 24 Agustus 2022   19:56 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Mojomulyo merupakan salah satu desa pecahan dari Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Desa ini terbagi menjadi dua dusun yaitu Dusun Krajan dan Dusun Kalimalang yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. 

Keunggulan yang dimiliki Desa Mojomulyo antara lain terdapat tempat wisata Pantai Cemara yang setiap weekend tak pernah sepi dari pengunjung serta terdapat berbagai produk unggulan UMKM Desa seperti produk ikan pindang.

Untuk mengembangkan produk unggulan UMKM ikan pindang yang ada di Desa ini, kami kelompok 14 KKN Kolaboratif Perguruan Tinggi se-Kabupaten Jember memiliki program kerja yaitu melakukan pengolahan limbah dari produksi ikan pindang. 

Hal ini kami lakukan sebab jika dilihat secara ekonomi, usaha produk ikan pindang di Desa Mojomulyo sangatlah menguntungkan. Bahkan, limbah dari produksi ini juga diolah menjadi petis ikan yang juga berpotensi besar. Hanya saja, pemilik dari UMKM ini masih kesulitan dalam melakukan pengemasan dan pemasaran produk.

"Untuk produksi petis ikan ini, kami masih kesulitan dalam mendesain label dan pemasarannya masih terbatas". Ucap Bu Hilmi selaku pemilik usaha ini.

Oleh sabab itu, kami berinisiatif untuk membantu pemilik UMKM dalam melakukan branding produk dengan membantu mendesain kemasan dan menciptakan pemasaran yang lebih aktif lagi agar produk lebih dikenal masyarakat luas. Untuk kemasan, kami turut membantu mendesain logo produk sebagai pengenal atau identitas serta ikut membantu mencarikan wadah kemasan yang lebih aman dan efisien.

Sedangkan untuk pemasaran produk, kami ikut membuatkan beberapa akun media sosial seperti akun Instagram dan akun Facebook yang dijadikan sebagai media promosi. 

Selain itu, kami juga membuatkan akun e-commerce berupa akun Shopee yang sekarang ini menjadi aplikasi teratas sebagai aplikasi belanja daring. Tujuannya, agar produk petis ikan ini bisa dijual secara online guna memperluas pemasaran. Kami mahasiswa KKN Kolaboratif berharap agar produk petis ikan ini bisa lebih maju dan berkembang lagi kedepannya melalui sedikit upaya yang kami lakukan ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun