Mohon tunggu...
Dwiki Ikhwan
Dwiki Ikhwan Mohon Tunggu... -

Dwiki Ikhwan, born in June 7th 1995 CATCH ME ON : twitter/Line : dwikiikhwan13 ig : dwiki13

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

#RancanganInterface

27 Oktober 2015   12:37 Diperbarui: 27 Oktober 2015   12:37 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Jelaskan rancangan anda masing - masing dan tuliskan dalam bentuk artikel dan posting di kompasiana!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu,

Untuk rancangan Tugas Akhir saya, saya ingin membuat sebuah alat yang dapat menonaktifkan perangkat mobile baik itu handphone, tab, dan alat komunikasi lainnya. Sebagai contoh, ketika kita ingin masuk ke dalam mesjid, gereja, atau tempat - tempat ibadah lainnya kita pasti sering melihat tulisan "MATIKAN HANDPHONE ANDA", atau "HARAP NON AKTIFKAN HP ANDA" dan lain - lain. 

Memang tulisan ini cukup untuk mengingatkan para jamaah untuk mematikan hp mereka, tapi menurut saya hal ini kurang efektif. Masih banyak orang ketika beribadah lupa mematikan handphone mereka, mungkin alasannya karena mereka tidak melihat tulisan peringatan itu.

Saya berharap dengan alat yang nanti saya buat, saya ingin membuat alat yang dapat secara otomatis membuat profile dalam hp langsung beralih ke Silent, blocking mode, airplane mode, dll. Atau mungkin bisa juga untuk fungsi penerbangan, sering kita mendengar arahan dari pramugara/i atau pilot untuk menon-aktifkan handphone atau perangkat komunikasi lainnya. Jadi, ketika orang masuk ke dalam tempat ibadah, pesawat, ruangan rapat, atau tempat - tempat lain yang membutuhkan ketenangan dan interfensi dari handphone dapat secara otomatis mengatur setiap handphone.

Jujur saya masih belum paham akan sensor apa saya yang akan digunakan dalam alat ini. Menurut saya mungkin nanti saya membutuhkan sensor sinyal yang akan mentransmisikan sinyal dari alat saya ke setiap perangkat komunikasi. Alat yang mungkin saya gunakan dapat mengambil prinsip kerja dari Wi-Fi yang mentransmisikan sinyalnya. Mungkin juga dibutuhkan coding melalui Visual studio dengan bahasa C, atau C#. Mungkin juga saya salah, karena semua ini masih dalam gambaran saya (Hipotesis).

Oleh karena itu, saya mengharapkan pencerahan serta bimbingan terutama dari dosen Interface yaitu Bapak Gunawan.

Terima kasih, 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun