Latar Belakang Masalah
Menurut Asri Budiningsih (2003 : 26) Membilang merupakan salah satu bagian dari konsep matematika yang dapat dikenalkan pada anak usia dini. Belajar membilang akan mendukung anak dalam hal seperti kemampuan membilang benda, membilang angka, mengurutkan lambang bilangan dan menghubungkan lambang bilangan dengan benda. Kegiatan membilang untuk anak TK A adalah anak membilang dari satu sampai sepuluh.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dari kondisi yang ada pada kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan kelompok A. terdapat 9 dari 15 anak yang masih kebingungan dalam mengenal lambang bilangan 1-10.
Penyebab anak kesulitan dalam mengenal lambang bilangan yaitu :
1.Guru menggunakan media yang kurang bervariasi
2.Pembelajaran masih berpusat kepada Guru
3.Model pembelajaran kurang beragam
4.Guru masih menggunakan lembar Kerja Anak (LKA)
Langkah-langkah penggunaan media stik angka :
1. Anak mengamati media stik angka yang sudah ada gambar dan label angkanya
2. Anak mengambil stik angka kemudian meletakkan stik angka tersebut ke bentuk mobil yang sudah di beri lubang.