Mohon tunggu...
Dwi Cahyo Wicaksono
Dwi Cahyo Wicaksono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo saya Dwi Cahyo Wicaksono, mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta. Saya menempuh pendidikan tinggi pada prodi Teknologi Pendiddikan. Tekun dan rajin serta jujur dan bertanggungjawab selalu saya terapkan didalam kehidupan saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelatihan Parenting untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa MTs Negeri 17 Jakarta

19 November 2021   09:15 Diperbarui: 19 November 2021   09:17 301
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster Digital Pelatihan Parenting untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa

Konsentrasi belajar adalah pemusatan perhatian dalam proses perubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian terhadap atau mengenai sikap dan nilai-nilai, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai bidang studi.

Tingkat konsentrasi merupakan hal yang penting sekali dalam kehidupan seseorang, baik dalam hal belajar ataupun kegiatan sehari-hari. Dengan konsentrasi, memungkinkan seseorang bisa fokus pada hal-hal yang harus dikerjakan. Pada sebagian anak, gangguan konsentrasi yang dialami seringkali membuat mereka menjadi tidak optimal belajar di sekolah. Sayangnya, sebagian orangtua dan guru tidak dapat mengenali gejalanya sejak dini, sehingga anak-anak tersebut mengalami hambatan dalam belajar. Idealnya, anak yang memiliki konsentrasi yang normal, mampu menyelesaikan tugas dalam waktu tertentu dan menunjukkan prestasi yang cukup baik serta berinteraksi dengan baik.

Kegiatan pelatihan parenting untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa SMP Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 17 Jakarta dengan melibatkan orang tua siswa dari kelas 7-9 dengan orang tua siswa sebanyak 18 orang serta bekerjasama dengan Guru Bimbingan dan Konseling. Kegiatan pelatihan parenting berlangsung setiap tahap dan sesinya selama 2.5-3 jam, mulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 16.00. Kegiatan diawali dengan pra kondisi tentang tanggapan orang tua mengenai masalah konsentrasi belajar anaknya, pelaksanaan pre-test tentang konsentrasi belajar orang tua siswa, persamaan persepsi tentang pemahaman, pengetahuan, diskusi, tanya jawab, sharing tentang cara-cara meningkatkan dan melatih konsentrasi belajar anak, dan diakhiri dengan pelaksanaan post-test untuk mengukur keberhasilan pemahaman orang tua atas pelatihan konsentrasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 17 Jakarta.

Dokumentasi Proses Pelatihan Parenting untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar MTs Negeri 17 Jakarta
Dokumentasi Proses Pelatihan Parenting untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar MTs Negeri 17 Jakarta
Kegiatan pelatihan parenting untuk meningkatkan pemahaman orang tua pada konsentrasi belajar siswa di di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 17 Jakarta sebaiknya dilaksanakan dalam jangka waktu bertahap, untuk menguasi materi yang lebih komprehensif untuk membentuk anak: 
  1. Antusias dalam belajar
  2. Tenang dalam belajar 
  3. Dapat mengemukakan ide-ide
  4. Aktif pada proses pembelajaran, 
  5. Daya serap pelajaran yang baik.

Upaya ini penting dalam rangka membangun pola asuh orang tua (parenting) untuk secara tepat dalam membentuk kesadaran, dan pemahaman orang tua bagaimana pelatihan parenting yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak di MTs Negeri 17 Jakarta. Melalui pelatihan parenting untuk meningkatkan konsentrasi belajar di MTs Negeri 17 Jakarta oleh Dosen Bimbingan dan Konseling FIP UNJ yaitu: Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons., dan Praktisi Ratno Trilaksono, S.Psi  serta melibatkan Guru Bimbingan dan Konseling di MTs 17 Jakarta yang terlibat secara langsung dengan orang tua siswa MTs Negeri 17 Jakarta.

Dokumenatsi PKM Prodi Bimbingan dan Konseling UNJ 2021
Dokumenatsi PKM Prodi Bimbingan dan Konseling UNJ 2021

Strategi kegiatan ini adalah secara daring, dengan meningkatkan keterampilan orang tua dalam memberikan parenting  secara tepat yang dilakukan dengan enam tahap, antara lain: (1) Pra Kondisi sebelum pelaksanaan perlakuan, (2) Pre Test, (3) Pelatihan parenting sesi 1 tentang ciri-ciri konsentrasi belajar yang baik (4) Pelatihan parenting sesi 2 faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi konsentrasi belajar; (5) Pelatihan parenting sesi 3 tentang permasalahan konsetrasi belajar dan cara-cara meningkatkan dan melatih konsentrasi belajar anak, dan (6) Post Test.

DOkumentasi PKM Prodi Bimbingan dan Konseling UNJ 2021
DOkumentasi PKM Prodi Bimbingan dan Konseling UNJ 2021
Kegiatan PKM ini dibuka oleh Kepala Sekolah MTs Negeri 17 Jakarta, Dr. Muhammad Hatta, M.Ed., dan Moderator kegiatan pelatihan ini adalah salah satu Guru Bimbingan dan Konseling di MTs Negeri 17 Jakarta yaitu Yuyun Mashurwati, S.Pd., Kons. pada tanggal 21-22 Agustus 2021. Setelah itu kegiatan pelatihan dilakukan selama 2 sesi ataupun 2 hari. Kegiatan pelatihan parenting ini diikuti dengan antusiasme orang tua. Terlihat dari apresiasi peserta pelatihan, keterampilan parenting untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa di di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 17 Jakarta perlu dilaksanakan secara berkelanjutan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun