Dalam dunia pendidikan banyak sekali istilah-istilah yang jarang kita dengar padahal kita alami. Seorang pendidik haruslah mengetahui cara-cara atau metode yang tepat dalam menghadapi tumbuh kembang anak agar tidak salah dalam mengimplementasikan pengajaran. Zone of Proximal Development (zona perkembangan proksimal) atau yang biasa disebut ZPD merupakan sebuah konsep yang dikenalkan oleh pakar psikologi pendidikan Lev Vygotsky dalam perkembangan kognitif. Konsep ini menjelaskan bahwa tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh bagaimana cara mereka mengeksplor dirinya sendiri dan bagaimana sikap orang dewasa dalam membimbingnya. Menurut Vygotsky baik buruknya seorang anak didasari dari pengalaman sosial mereka. Anak menghadapi tantangan diluar kemampuan mereka tetapi dapat mencapainya dengan bantuan dan bimbingan dari orang lain.
Dalam penelitian Vygotsky seorang pendidik dapat menggunakan metode Scaffolding untuk membantu menjembatani anak dalam mengeksplor dirinya. Scaffolding merupakan proses dimana seorang guru memberikan dukungan atau bimbingan belajar kepada muridnya sesuai dengan tingkat kemampuan mereka untuk membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Scaffolding bertujuan agar murid dapat melakukan hal secara mandiri, dengan demikian dukungan yang diberikan pendidik dapat dikurangi secara bertahap untuk membebaskan murid dalam berkembang secara mandiri sesuai dengan harapan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H