Dewasa ini kita di Indonesia, sudah sering mendengar kampaye "Saatnya jadi pengusaha". Bila di tinjau dari kampaye atau seminar motivasi untuk menjadi pengusaha, sangat menyenangkan jadi pengusaha dan tersa mudah. Apalagi bila sudah melihat profil entrepreneur-entrepreneur muda yang telah berhasil. Kita kadang melupakan perjuangan keras mereka. Selain usaha dan kerja keras sebagai pengusaha, ada baiknya perlu di ketahui juga kualitas pribadi/personality yang harus dibangun oleh seorang pengusaha.
Sama pentingnya dengan masalah-masalah umum yang dimiliki oleh semua pengusaha adalah kualitas pribadi pengusaha dirinya sendiri. Kualitas yang perlu dimiliki :
=> Passion
Seorang pengusaha sebaiknya memiliki gairah yang kuat untuk ide atau konsep, karena begitulah seorang pengusaha sehingga pekerjaan mereka adalah permainan mereka. Jika kita tidak menyukai apa yang kita lakukan, kita tidak akan bertahan ketika ada tantangan datang.
=> Curiosity
Seorang pengusaha perlu memahami bagaimana hal-hal untuk bekerja. Mereka mengajukan banyak pertanyaan. Karena itu memicu rasa ingin tahu dan berinovasi.
=> Spons
Seorang pengusaha di ibaratkan seperti spon. Maksudnya mereka melahap informasi tentang industri dengan muncul tren dan teknologi, tidak hanya diindustri khusus mereka tetapi dalam industri yang terkait erat. Ini akibat dari kebiasaan lingkungan yang sumber mempunyai kaya akan penemuan peluang baru. Pengusaha diharapkan bisa mencari pasar baru, aplikasi, produk atau berputar pada
konsep tua.
=> Optimisme
Seorang pengusaha menganggap masalah sebagai peluang untuk perbaikan dan datangnya ide-ide baru.
=> Terus mencari