Mengenai konsep dasar kurikulum, tidak ada definisi yang dapat menggambarkan secara utuh mengenai apa itu kurikulum?. Namun dapat disampaikan oleh penulis bahwa kurikulum merupakan urutan pengalaman belajar yang terencana, berbasis standar, dimana siswa berlatih dan memperoleh kemahirannya, hasil dar pembelajaran dan pengalaman belajar dari lembaga pendidikan bak sekolah, perguruan tinggi, lembaga kursus, lembaga professional, dil Kurikulum adalah panduan utama bagi seluruh pendidik mengenai apa yang penting untuk belajar-mengajar, sehingga siswa memiliki akses pengalaman akademik yang terkontrol dan terorganisir. Segala hal yang diatur dalam kurikulum, seyogyanya adalah hasil per- timbangan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan bagaimana memfasilitasi pengajarannya.Â
Kurikulum merupakan content pen- dukung yang mencakup tujuan, metode, materi, penilaian, bagi terlaksananya pengajaran dan pembelajaran yang efektif.Kurikulum merupakan kunci penyelenggaraan pendidikan,ia dituntut fleksibel, berdiferensiasi, dan koheren antara elemen sumber daya yang ada didalamnya. Fleksibel yakni kurikulum me- mastikan kemudahan dalam menjalankan konten dalam kurikulum, bentuknya dapat mengenai presentasi bahan ajar, konten belajar, penilaian siswa, dan pengelompokkan siswa. Diferensiasi dalam kurikulum seperti kontennya sistematis, eksplisit, responsif ter- hadap berbagai perbedaan minat, bakat, budaya, dan kebutuhan siswa. Tentu tidak dapat dikesampingkan bahwa lembaga menemu- kan siswa yang beragam baik dari kepercayaan, nilai, sikap, tindakn, perilaku hingga gaya belajarnya sehingga kurikulum harus mem- fasilitasi pembelajaran dan memungkinkan guru dapat pembelajaran yang bermakna
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H