Pesan berantai adalah suatu permainan yang melibatkan pengiriman pesan secara estafet melalui kata-kata atau kalimat antar teman. Dalam permainan ini, setiap pemain menerima pesan dari pemain sebelumnya dan kemudian mengembalikan pesan tersebut ke pemain berikutnya. Permainan ini dapat dilakukan secara online atau offline dan biasanya digunakan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi antar individu.Â
Pada 17 Maret 2024 jam 15.00 -- 18.00 bertempat di taman perpustakaan universitas negeri malang, kami menjalankan kegiatan mingguan modul nusantara yang di pimpin lansung oleh dosen modul nusantara kelompok gajayana ibu Santi Merlinda S.E,M.E Ragam metode dalam pelaksanaan kegiatan refleksi bisa melalui Sharing antar kelompok atau anggota kelompok yang dikemas dalam games, kami di bagi dalam 2 kelompok, masing masing beranggotakan 12 orang per kelompok ada satu orang yang mewakili untuk membuat pesan yang akan di pakai untuk permainan pesan berantai, dari kelompok satu di wakili oleh agus dan kelompok dua di wakili oleh dwi, sesuai arahan kami di minta membuat pesan atau kesan selama menjalankan PMM bersama teman kelompok. Kalimat awal yang kami pakai adalah "beranjak di tempat yang berbeda kita bertemu dan melebur bersama, semoga kedepanya tetap satu asa" setelah itu kami mulai lanjutkan permainannya, dari orang pertama hingga akhir bergantian berbisik isi pesan yang di tulis dengan aturan tidak boleh di ulang lebih dari 3 kali, teman teman sangat menikmati proses permainan pesan berantai ini, ada yang sesuai dengan pesan, ada yang kurang beberapa kata atau tidak sesuai dengan pesan awal yang sudah di tentukan. Â Â
 Namun, permainan pesan berantai juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak edukatif. Misalnya, beredar pesan berantai yang berisi informasi tentang kode dan sandi pelaku kejahatan yang tidak benar. Informasi ini dianggap sebagai hoaks dan dapat menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk memantau dan menegakkan kebenaran informasi yang beredar melalui media sosial dan lain-lain.
Dalam beberapa kasus, permainan pesan berantai juga digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan keseruan dalam acara atau kegiatan. Misalnya, dengan menggunakan kata-kata game pesan berantai lucu, acara dapat menjadi lebih seru dan interaktif. Permainan ini dapat dilakukan secara offline atau online dan dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti acara perayaan atau kegiatan tim
Dalam beberapa kasus, permainan pesan berantai juga dapat digunakan untuk menyebarluaskan informasi yang tidak benar. Misalnya, beredar pesan berantai yang berisi informasi tentang dua laki-laki yang memakai baju lambang Pancasila yang dianggap sebagai hoaks. Informasi ini dianggap sebagai hoaks dan dapat menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk memantau dan menegakkan kebenaran informasi yang beredar melalui media sosial dan lain-lain
Dalam kesimpulan, permainan pesan berantai adalah suatu permainan yang dapat digunakan untuk tujuan edukatif, sosial, atau hanya untuk meningkatkan keseruan dalam acara. Namun, penting untuk memantau dan menegakkan kebenaran informasi yang beredar melalui media sosial dan lain-lain untuk menghindari penyebarluasan informasi yang tidak benar.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI