Karya ini persembahan LINGGO 2024, Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran DRAKULA (Damar Kurung Pancasila) dalam meningkatkan pemahaman konsep Pancasila pada Siswa Kelas II di SD Negeri Pakistaji 2 Kota Probolinggo.
Metode pembelajaran ini menggabungkan penggunaan Damar Kurung Pancasila sebagai media visual dengan pendekatan pembelajaran aktif. Melalui serangkaian kegiatan seperti menjawab pertanyaan dan mencocokan gambar melalui aplikasi WordWall.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada skor rata-rata tes pemahaman Pancasila siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan inovasi ini. Selain itu, observasi terhadap proses pembelajaran menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan kreativitas siswa.
Dengan demikian “IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DRAKULA (Damar Kurung Pancasila) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SKC (Siswa Kreatif Cerdas) SISWA KELAS 2 SD NEGERI PAKISTAJI 2” dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif untuk pembelajaran Pancasila di sekolah. Hal ini tentunya dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan didukung oleh lingkungan yang kondusif. Dengan demikian hasil belajar menunjukkan nilai ketuntasan 90% pada peserta didik kelas II SDN Pakistaji 2 K
semonga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H