Marketing Campaign adalah serangkaian kegiatan utama dalam bisnis dalam memperkenalkan perilisan produk atau jasa baru untuk mampu mempenetrasi pasar baik disamping itu untuk mempertahankan dan menjaga loyalitas konsumen dan brand perusahaan. Dimana Anda mengalokasikan waktu dan sumber daya perusahaan dengan menggunakan Market Research Tools. Sehingga, perencanaan dan perhitungan yang tepat sangat diperlukan agar dapat terlaksana dengan baik, terukur dan efisien.
Berikut adalah beberapa tips dalam membuat campaign marketing menjadi lebih efektif :
1. Pahami Campaign yang Cocok
Sebelum memulai campaignmarketing, Anda perlu menyusun marketing plan dengan jelas dan spesifik seperti tujuan campaigndan marketing, strategi, target pasar, momentum aktivitas audiens maupun perilaku audiens.
2. Kerja sama Partnership Joint-Cost
Partnership marketing campaign secara bersama membangun hubungan saling menguntungkan antara dua Brand. Dengan adanya kolaborasi ini tentu saja mampu meminimalisir biaya periklanan baik melalui media cetak dan media digital. Ditambah saling tukar informasi segmen konsumen dari kedua brand yang ketika digabung akan mencakup jumlah audiens lebih banyak ketimbang solo marketing.
3. Tentukan Tujuan dan Parameter Kampanye
Tentukan target se-terperinci mungkin baik hasil, segmentasi, waktu durasi kampanye. Tentukan pula parameter yang relevan dalam mengukur kegiatan kampanye.
4. Ukuran Kesuksesan
Ukuran dan hasil dari kegiatan campaignperlu di kuantifikasi agar bisa dapat dinilai, analisis, dan diperbandingkan.