Mohon tunggu...
Dwi Kuncoro Hadi
Dwi Kuncoro Hadi Mohon Tunggu... Guru - Kepala Sekolah Dasar

Hidup adalah perbuatan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Efektivitas Pengelolaan Sumber Daya Sekolah

24 Mei 2023   11:29 Diperbarui: 24 Mei 2023   11:44 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Efektivitas dalam pengelolaan aset sumber daya sekolah di SDN 2 Bulukerto Kabupaten Wonogiri adalah tingkat ketercapaian tujuan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang ada baik tenaga pendidik, pendidik, sarana prasarana, dan lain sebagainya untuk mencapai tujuan dari SDN 2 Bulukerto memiliki lingkungan sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran berpihak pada murid dengan segala bakat potensinya dan output yang dihasilkan oleh SDN 2 Bulukerto dapat bermanfaat bagi lingkungan masyarakat sekitarnya. Keefektifan  dalam hal tersebut dilihat dari kepemimpinan situasional sosial emosional, program kemitraan dengan pihak terkait, program sekolah secara berkelanjutan , sarana prasarana yang memadai , pendidik dan tenaga pendidik yang professional , serta output SDN 2 Bulukerto.

Peningkatan kualitas mutu Pendidikan sekolah dapat dilakukan dengan pengelolaan sumber daya sekolah secara lebih efektif dan kantinyu. Efektivitas berasal dari kata kerja efektif yang memiliki arti dicapainya sebuah keberhasilan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai atau diharapkan . Efektivitas adalah tingkat dimana dan juga seberapa jauh suatu sistem kompetensi sosial emosional  dapat mencapai tujuannya Efektivitas dalam pengelolaan asset sumber daya sekolah adalah tingkat pencapaian tujuan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang ada baik dari tenaga pendidik, maupun tenaga kependidikan, sarana prasarana yang memadai, dan lain sebagainya. Untuk mencapai tujuan sekolah yang mempunyai kualitas mutu  serta memiliki lingkungan sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan output yang dihasilkan oleh sekolah dapat bermanfaat bagi lingkungan masyarakat sekitar . Dalam hal ini, aset sumber daya sekolah yang ada di SDN 2 Bukukerto  tersebut meliputi sumber daya manusia yang unggul dan sumber daya non manusia. Sumber daya manusia tersebut meliputi satu orang kepala sekolah, tujuh orang pendidik, dan dua orang tenaga kependidikan. Sumber daya non manusia meliputi sarana prasarana yang memadai dan representatif , lingkungan sekolah yang kondusif, program sekolah, dan program lainnya

Kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang dalam mempengaruhi sekelompok orang untuk bisa menstruktur dan mengorganisir aktivitas tertentu agar tercapai tujuan secara bersama-sama. Dalam hal ini, SDN 2 Bulukerto  merupakan sebuah Satuan Kerja Perangkat Daerah bidang Pendidikan Dasar di Kecamatan Bulukerto yang memiliki tujuan tertentu yang akan dicapai, sehingga membutuhkan pemimpin pembelajaran yang dapat mengelola semua sumber daya sekolah guna mencapai tujuan tersebut. Dalam hal ini, kepemimpinan sekolah tersebut dipegang oleh seorang kepala sekolah. Hasil dari pengolahan informasi yang diperoleh tersebut menunjukan bahwa kepala sekolah SDN 2 Bulukerto telah menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari strategi kepala sekolah dalam mengelola sumber daya manusia terutama pendidik dan tenaga pendidik yang professional , serta mengelola sumber daya sekolah non manusia

Ciri dari mutu sekolah yang baik dapat dilihat dari output yang dihasilkan di SDN 2 Bulukerto. Output yang baik adalah merupakan hasil yang diperoleh dari pengelolaan sumber daya sekolah secara efektif dan efisien sehingga tercipta karakteristik murid yang sesuai dengan tujuan dari SDN 2 Bulukerto. Contoh dari output sekolah adalah beberapa prestasi yang diperoleh murid baik bidang akademik maupun non akademik. Dari uraian tersebut, untuk mengetahui mutu pendidikan di suatu sekolah, diperlukan bukti aksi nyata mengenai tingkat efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah. Efektivitas dan mutu pendidikan memiliki beberapa indikator yaitu input (kepala sekolah, guru, pegawai ahli di bidangya, sarana prasarana, murid), proses (kegiatan belajar mengajar, manajemen pembelajaran), output (prestasi dari event perlombaan nilai hasil belajar yang memuaskan, tingkat kelulusan), dan outcome (lulusan dapat diterima di SMP favorit) .

Modul 3.2  Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Dwi Kuncoro Hadi , Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun