Mohon tunggu...
Dwi PujiLestari
Dwi PujiLestari Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

https://www.kompasiana.com/dwi59069

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ Kenalkan Digital Marketing pada Pelaku UMKM di Desa Gumuksari

31 Agustus 2021   20:26 Diperbarui: 31 Agustus 2021   20:46 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

   

             KKN Universitas Jember kembali dilaksanakan dengan konsep KKN Back to Village sama seperti tahun sebelumnya. Kegiatan KKN dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus 2021 sampai dengan 9 September 2021 di daerah masing-masing dikarenakan masih dalam masa pandemi covid 19 dan adanya kebijakan PPKM.

            Dalam kegiatan KKN yang dilakukan, mahasiswa melakukan progam pemberdayaan wirausaha terdampak covid 19. Kegiatan KKN dilakukan di Desa Gumuksari, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Seperti yang kita tau, kita masih dihadapkan dengan pandemi covid 19 dan adanya kebijakan PPKM, banyak pelaku usaha yang terdampak dan mengalami penurunan pendapatan. Salah satunya adalah usaha toko pakaian milik Ibu Elvi.  

Usaha toko pakaian Ibu Elvi ini sudah berjalan selama 5 tahun, yang beliau kelola bersama suaminya. Selain dari kondisi tersebut, pemasaran yang dilakukan masih bertumpu pada pada pelanggan yang datang ke toko dan kurangnya pemahaman pemilik usaha dalam memasarkan produk secara online.

            Dari permasalahan yang telah diuraikan, penulis berencana melakukan edukasi dan sosialisasi digital marketing untuk optimalkan usaha yang dijalankan oleh Ibu Elvi.

            Kegiatan awal yang dilakukan adalah melakukan perizinan kepada Pihak Desa terkait pelaksanaan kegiatan KKN. Kemudian, melakukan survei ke sasaran dan identifikasi permasalahan. Setelah melakukan identifikasi permasalahan, penulis mengkomunikasikan segala hal mengenai pelaksanaan KKN baik konsep pelaksanaan kegiatan maupun solusi yang akan dilakukan untuk optimalkan bisnis usaha pakaian yang ditekuni oleh sasaran.

            Implementasi dari kegiatan tersebut melalui pengenalan sosial media, marketplace, pelatihan dan pendampingan pembuatan akun sosial media dan marketplace, pelatihan mengenai foto produk serta pelatihan dan pendampingan mengenai pemasaran produk secara online.

            Dengan progam ini diharapkan dapat membantu pemilik usaha dalam memasarkan produknya sehingga usaha toko pakaian Ibu Elvi dapat berkembang dan memperluas jangkauan konsumen usaha toko pakaian Ibu Elvi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun