Lembar kerja Mengamati Lingkungan Kaya Literasi
3 hal yang sudah berjalan dengan baik
- Membaca buku bersama guru atau teman sekelas, kegiatan ini dilakukan setiap hari Jumat di halaman sekolah, yang memberikan kesempatan bagi seluruh kelas untuk terlibat dalam kegiatan literasi bersama.
- Membaca buku selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, kegiatan ini rutin dilakukan di kelas, yang membantu memupuk kebiasaan membaca di luar jam pembelajaran.
- Mengunjungi perpustakaan, kunjungan ini terjadwal dengan baik, dan siswa dapat memanfaatkan fasilitas buku yang ada di perpustakaan.
2 hal yang bisa ditingkatkan
- Diskusi buku cerita mengenai isi buku, kegiatan diskusi buku yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa, sebaiknya diperluas ke seluruh kelas, bukan hanya kelas 5.
- Keterlibatan orang tua, walaupun orang tua memberikan dukungan berupa buku untuk perpustakaan, keterlibatan lebih aktif dalam kegiatan literasi di rumah dan sekolah bisa diperluas.
1 hal yang perlu didiskusikan
- Diskusi buku cerita mengenai isi buku, program literasi tersebut pelaksanaannya masih terbatas hanya dikelas 5. Kegiatan tersebut dapat didiskusikan dan dikaji kembali agar dapat diterapkan diseluruh kelas karena kegiatan literasi tersebut dapat efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Berdasarkan analisis tersebut, rancanglah sebuah kegiatan/program untuk menumbuhkan atau meningkatkan lingkungan kaya Literasi di sekolah tersebut. Rancangan Anda setidaknya meliputi informasi berbagai berikut.
Nama Sekolah : SDN Waru Â
Program/kegiatan yang sudah berjalan
- Membaca buku bersama guru atau teman sekelas
- Membaca buku selama 15 menit
- Diskusi buku cerita mengenai isi buku
- Mengunjungi perpustakaan sekolah minimal seminggu sekali.
Program yang bisa ditambahkan
- Teater Buku, siswa dapat diajak untuk memahami cerita melalui pementasan teater. Ini akan mendorong kreativitas mereka dan memperdalam pemahaman tentang cerita yang dibaca.
- Klub Baca, membentuk klub baca yang melibatkan siswa dari berbagai kelas untuk berdiskusi dan berbagi buku. Klub ini bisa mengadakan pertemuan rutin dengan tema buku tertentu.
- Karya Tulis Siswa, siswa bisa membuat karya tulis yang berkaitan dengan buku yang mereka baca, yang kemudian dapat dipajang di madding sekolah atau dibagikan kepada teman-teman mereka.
- Madding Sekolah, diharapkan siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan literasi, baik melalui membaca, menulis, atau berbagi karya mereka.
Pihak yang dapat dilibatkan : Warga sekolah dan orang tua
Target waktu yang ditetapkan
- Jangka pendek (1-3 bulan): Menyusun program dan memulai teater buku dan klub baca.
- Jangka panjang (3-6 bulan): Implementasi program secara rutin dan memonitor peningkatan keterlibatan siswa dalam kegiatan literasi.
Indikator keberhasilan program
- Peningkatan jumlah buku yang dibaca, mengukur melalui laporan kegiatan membaca siswa.
- Peningkatan partisipasi siswa, melalui evaluasi diskusi buku serta jumlah karya tulis yang dihasilkan.
- Keterlibatan orang tua, jumlah orang tua yang aktif berkontribusi dengan buku atau dukungan lainnya.