Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)Â
tujuan pembelajaran : Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa arab dalam ketrampilan
menulis (Maharah Kitabah)
1. latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena pembelajaran Bahasa Arab di SMK mungkin dipandang sebelah mata oleh peserta didik,sehingga mereka kurang motivasi untuk mempelajarainya, dan beranggapan kalo belajar bahasa arab susah dan membosankan. Selain itu juga faktor latar belakang mereka yang tidak semua mendapat pembelajaran bahasa arab dari sekolah sebelumnya.Â
2. tantangan untuk mencapai tujuan tersebut :Â
Tantangan yang dihadapi adalah
Saya melakukan praktik pembelajaran di sekolah mitra yang notabene belum mengenal karakter peserta didik dan latar pengetahuan peserta didik tentang bahasa arab sebelumnya.
menghadapi siswa yang belum pernah belajar bahasa arab sama sekali ( belum lancar membaca tulisan arab, belum bisa menulis tulisan arab sambung dan belum adanya
motivasi dalam belajar bahasa arab.
3. Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini :Â
Langkah-langkah untuk menghadapi tantangan :
Berusaha mengenal karakter dan latarbelakang pengetahuan peserta didik
Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan terlebih dahulu, agar siswa tidak beranggapan bahwa pelajaran bahasa arab adalah pelajaran yang susah dan membosankan.
Memberikan motivasi kepada peserta didik manfaat mempelajarai bahasa.
Menggunakan media pembelajaran yang inovatif
Melibatkan peserta didik agar aktif, kreatif dan senang dalam kegiatan pembelajaran, agar terbentuk rasa percaya diri, dan minat belajar bahasa arab.
Menggunakan sumber (buku dan media berbasis IT) pembelajaran yang tergradasi (level bawah hingga meningkat) agar peserta didik senang, nyaman, minat dan mampu
mengikuti pembelajaran dengan semangat
4.Â
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?
Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut :Â
Refleksi hasil dan dampak :
Peserta didik menjadi lebih senang dan bisa mengikuti pembelajaran bahasa arab
Peserta didik lebih nyaman dan tidak tegang.
Peserta didik termotivasi untuk selalu mengikuti pembelajaran bahasa arab.
Peserta didik menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Â
Respon
KS Mitra : memberi apresiasi dan masukan agar selalu memotivasi dan memberikan pembelajaran bahasa arab yang menyenangkan kepada peserta didik dengan media pembelajaran yang inovatif dan menyenagkan.
Guru Bahasa Arab Sekolah Mitra : berterimaksih sudah mengenalkan pembelajaran bahasa arab yang inovatif dan sudah memotivasi peserta didik agar semangat mempelajari bahasa arab
Â
Indikator dari faktor keberhasilan pembelajaran ini yaitu seluruh peserta didik ikut berpartisipasi aktif dalam setiap pembelajaran bahasa arab khususnya maharah kitabah dan berusaha membiasakan diri menulis kosakata maupun kalimat dalam bahasa
arab.
demikian refleksi pembelajaran dengan menggunakan metode starÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H