Mohon tunggu...
DWI JAYANTI ISPIANDARI
DWI JAYANTI ISPIANDARI Mohon Tunggu... Guru - Guru abad 21

Dwi Jayanti Ispiandari, S.Pd.SD adalah seorang guru di SD Negeri 1 Candiwulan. Mengajar sejak tahun 2005.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Game Kahoot, Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

16 November 2020   19:30 Diperbarui: 16 November 2020   20:04 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring yang sudah berlangsung cukup lama membuat para wali murid dan peserta didik merasa lelah dan cukup membosankan. Wali murid merasa sangat kerepotan apabila anak-anak mereka mendapatkan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Hal ini tentu mendapatkan perhatian dari para guru agar minat belajar para peserta didik tetap meningkat selama pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring ini. 

Untuk itu guru harus kreatif dan inovatif dalam menyajikan pembelajaran bagi peserta didik. Pada masa pendemi ini peserta didik kelas II SD Negeri 1 Candiwulan melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media handphone sebagai Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring yang sudah berlangsung cukup lama membuat para wali murid dan peserta didik merasa lelah dan cukup membosankan. 

Wali murid merasa sangat kerepotan apabila anak-anak mereka mendapatkan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Hal ini tentu mendapatkan perhatian dari para guru agar minat belajar para peserta didik tetap meningkat selama pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring ini. Untuk itu guru harus kreatif dan inovatif dalam menyajikan pembelajaran bagi peserta didik. 

Pada masa pendemi ini peserta didik kelas II SD Negeri 1 Candiwulan melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media handphone sebagai sarana dalam menyampaikan materi dan mengirimkan tugas-tugas yang dikerjakan oleh peserta didik kelas II SD Negeri 1 Candiwulan.sarana dalam menyampaikan materi dan mengirimkan tugas-tugas yang dikerjakan oleh peserta didik kelas II SD Negeri 1 Candiwulan.

Bermain, menurut Smith dan Pellegrini (2008) merupakan kegiatan yang dilakukan untuk kepentingan diri sendiri, dilakukan dengan cara menyenangkan, tidak diorientasikan pada hasil akhir, fleksibel, aktif, dan positif. Hal ini berarti bermain bukanlah kegiatan yang dilakukan demi menyenangkan orang lain, tetapi semata-mata karena keinginan dari diri sendiri. 

Oleh karena itu, bermain itu menyenangkandan dilakukan dengan cara-cara menyenangkan bagi pemainnya. Di dalam bermain anak tidak berpikir tentang hasil karena proses lebih penting daripada tujuan akhir. 

Aplikasi game Kahoot merupakan platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah. Kahoot adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh guru yang dapat diakses melalui aplikasi Kahoot.com. Kahoot bisa digunakan untuk meninjau pengetahuan peserta didik, sebagai penilaian formatif atau sebagai game disaat peserta didik tidak mengikuti pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun