ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABAROKATUH
Pada Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1 ini para CGP di minta untuk menyimak 2 tayangan video dan membaca artikel. Kemudian para CGP diminta menjawab pertanyaan untuk didiskusikan bersama CGP lain.
berikut Pertanyaan- pertanyaan yang harus di jawab dan didiskusikan secara daring oleh setiap CGP :
1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
Sebagai dasar penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah memetakan kebutuhan murid. Dalam memetakan kebutuhan murid, yang perlu di perhatikan guru adalah meliputi 3 aspek yaitu Kesiapan belajar murid, minat belajar dan profil belajar murid. Ada 3 strategi dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yaitu:
- Diferensiasi konten (merujuk pada apa yang akan dipelajari murid)
- Diferensiasi proses ( merujuk pada Proses seperti /Bagaimana murid memahami, memaknai informasi atau materi apa yang akan dipelajari)
- Diferensiasi produk (merujuk pada Hasil dari proses belajar siswa)
Pembelajaran berdiferensiasi sangat dipengaruhi oleh Lingkungan Belajar yang dapat diciptakan dari Learning Community (Komunitas belajar). Karakteristik Komunitas Belajar (Carol and Tomlinson):
- Rasa menyambut dan disambut dengan baik
- Saling menghargai
- Murid merasa aman
- Ada harapan bagi pertumbuhan
- Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan
- Ada keadilan dalam bentuk yang nyata
- Guru dan siswa melakukan kolaborasi untuk mencapai kesuksesan Bersama
Dalam pembelajaran berdiferensiasi, Penilaian yang digunakan adalah penilaian formatif yang dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung yang sifatnya memonitor proses pembelajaran dan dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Contoh strategi penilaian formatif antara lain:
- Tiket Keluar. Guru memberikan pertanyaan yang diajukan kepada semua murid sebelum kelas berakhir
- Tiket Masuk. Guru juga bisa memberikan sebuah pertanyaan kepada semua murid sebelum pelajaran dimulai
- Berbagi 30 Detik. Dengan strategi ini, murid secara bergiliran melaporkan sesuatu yang telah ia pelajari dalam pelajaran selama 30 detik.
- Nama dalam toples. Guru bisa meminta murid menulis nama mereka di selembar potongan kertas & kemudian memasukkannya dalam toples. Dll.
2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
Gagasan mengenai penerapan pembelajaran diferensiasi yang menuntut guru untuk lebih kreatif dalam memetakan kebutuhan siswa sehingga guru bisa lebih adil kepada siswa. Adil dalam artian tidak menyamaratakan tugas akan tetapi harus melihat dari segi kesiapan,minat  bakat masing-masing siswa serta profil belajar siswa, Sehingga pembelajaran di kelas akan bermakna bagi murid.
3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
Menurut saya yang sulit untuk diimplikasikan adalah kegiatan penilaian formatif. Sebab penilaian formatif dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung secara berkelanjutan dan konsisten, sedangkan kadangkala sebagai guru karena terbentur beberapa tugas diluar pembelajaran di kelas konsistensi tersebut sangat sulit untuk dilakukan.
4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?
Setelah memetakan kebutuhan siswa, bagaimana guru memenuhi kebutuhan siswa dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi apabila profil belajar siswa tersebut berbeda, strategi apa yang tepat digunakan agar pembelajaran diferensiasi dapat terlaksana dengan baik?
DEMIKIAN ARTIKEL INI, SEMOGA BERMANFAATÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H