Seperti sudah ‘waktu’nya atau lagi jamannya.. si pemilik Brand sepertinya tidak hanya ingin mengembangkan brand ‘sendirian’ lagi tetapi malah ‘membuka diri’ berkolaborasi dengan Brand lain dengan tujuan pastinya untuk mengembangkan pasar.. Dengan semangat New Wave Marketing, memang ini jamannya kolaborasi, karena market saat ini memang membutuhkan confirm dengan komunitas dan Brand yang sesuai dengan karakter mereka. Dan kolaborasi antar Brand, akan menjadi suatu ‘jembatan’ untuk suatu komunitas untuk meng-konfirm suatu Brand dengan Brand lainnya. Contoh saja yang dilakukan oleh Ice Cream Walls dengan Buavita yang menciptakan suatu produk Ice Cream rasa buah-buahan yang di-provide oleh Buavita. Unik memang, karena Walls yang sebenarnya kuat dengan ice cream-nya, melakukan kolaborasi dengan minuman buah-buahan. Keduanya memang memiliki Brand yang kuat secara karakter di kalangan anak-anak.  Tetapi secara pasar, bisa jadi pecinta Walls dan pecinta Buavita adalah pasar yang berbeda. Taktik cerdik yang dilakukan oleh Walls maupun Buavita. Dengan kolaborasi tersebut, memang tidak semua target market Walls dan Buavita akan tertarik dengan produk ini, tetapi ketika antar Brand bergabung, maka komunitas pecinta masing-masing Brand akan mengkonfirm bahwa kedua Brand tersebut adalah Brand yang sesuai dengan karakter komunitas mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H