Masih ingat dengan prinsip demokrasi ‘dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat’? Tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan ideal dalam kehidupan nyata karena ada banyak hal yang mempengaruhi, seperti misalnya kedewasaan dalam bersikap, berpikir, dan juga berkomunikasi, kemudian juga tanggung jawab dalam mengemukakan pendapat. Namun dalam era digital seperti saat ini, ‘prinsip demokrasi’ tersebut malah menjadi strategi baru dalam me-marketing-kan suatu Brand. Customer Generated Content Customer Generated Content adalah suatu metode melibatkan customer secara langsung untuk menciptakan suatu konten, yang akan dinikmati juga oleh customer lain. Strategi yang sangat efektif saat ini ditunjang adanya teknologi yang memampukan orang untuk melakukan co-creation secara bersama-sama. Karena akhirnya suatu Brand hanya akan menjadi channel yang menghubungkan antara customer yang satu dengan yang lainnya, menciptakan suatu komunitas, dan komunitas tersebut yang akan menciptakan karakter dan menguatkan Brand tersebut. Wikipedia – free encyclopedia
Sebuah terobosan yang dilakukan oleh Wikipedia karena menciptakan ensiklopedia secara online dengan melibatkan semua user-nya untuk mengisi konten ensiklopedia-nya. Awalnya sempat diolok-olok karena dianggap kontennya tidak akurat, tapi pada akhirnya berhasil membuat Britanica akhirnya bangkrut.
Kompasiana Inilah situs informasi yang di dalamnya melibatkan secara langsung para informan online, blogger, dan juga netizen lainnya. Hebatnya, user sendiri yang akhirnya menjadi filter terhadap konten yang di-posting di dalam kompasiana.com. Co-creation yang dilakukan oleh Kompas sangat efektif, sampai akhirnya mengdapatkan penghargaan sebagai situs user generated content yang berhasil.
Suara Surabaya FM 100
Radio yang sudah co-creation sejak bertahun-tahun dan berhasil membangun community pecinta Suara Surabaya, sebagai media yang masuk top-of-mind pendengarnya melalui program Kelana Kota. Hasilnya, informasi semakin akurat karena pendengarnya sendiri yang secara langsung memberikan informasi seputar kejadian sehari-hari di Surabaya dan sekitarnya, bahkan sampai ke kota-kota lainnya.
Customer Generated Content – the Engagement Ketika melibatkan customer secara langsung, sebuah Brand sedang membangun connect dan engagement dengan customer-nya. Mengapa? Karena pada pada dasarnya customer ingin didengarkan dan dilibatkan. Customer juga butuh pengakuan bahwa merekalah yang menyebabkan suatu Brand mampu berkembang. Karena pengguna Brand adalah customer itu sendiri. Selain itu, dengan trend digital saat ini melalui social media, pada dasarnya customer semakin narsis. Hal tersebut merupakan benefit tersendiri, karena akhirnya Brand dengan lebih mudah untuk membuka ‘pintu’ di mana customer bisa memberikan sumbangsih berupa konten-konten sesuai dengan karakter Brand. Dengan melibatkan customer secara langsung otomatis akan melibatkan juga komunitas customer tersebut. Inilah kekuatan co-creation, yaitu dengan melakukan engagement dengan customer, secara tidak langsung akan melibatkan juga komunitas customer tersebut. Sehingga suatu Brand akan dengan lebih mudah melakukan penetrasi pasar. Melibatkan customer untuk menciptakan konten bersama-sama memang suatu hal yang menarik walaupun ada resiko karena harus ada filter yang jelas. Bagaimanapun tidak semua konten layak untuk di publish dan hal tersebut perlu disikapi dengan filter yang jelas pula. Proses filtrasi pun bisa dilakukan juga dengan melibatkan customer secara langsung, seperti yang dilakukan oleh ketiga Brand di atas, seperti Wikipedia, Kompasiana, dan juga Suara Surabaya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Money Selengkapnya