Setiap tahunnya.. pasti ada momen-momen tertentu yang dipakai oleh para sales dan marketer untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa yang mereka tawarkan.. Tahun Baru, Liburan Sekolah, Lebaran, Natal, dan masih banyak momen lainnya yang selalu menarik bagi para sales dan marketer untuk meningkatkan penjualan.. Berbagai ide dan sensasi dapat dirasakan oleh masyarakat ketika event-event tahunan hadir dan memberikan banyak keuntungan.. seperti discount, hadiah, undian, dan masih banyak lagi.. termasuk juga story yang menjadi pembicaraan di mana-mana.. Salah satunya bisa jadi adalah kisah Abraham Lincoln – Vampire Hunter, sebuah film yang berhasil menduduki peringkat ke-2 di jajaran Box Office di Amerika, setelah Brave karya Pixar. Perspektif yang berbeda mengenai sejarah Abraham Lincoln, presiden Amerika Serikat yang menentang perbudakan, karena menampilkan Lincoln sebagai Pembasmi Vampir. Absurd? Tentu saja, siapa yang berimajinasi bahwa Presiden Amerika Serikat adalah seorang pembasmi Vampir? Namun memang menarik untuk ditonton, karena balutan fiksi dalam sejarah negara super power ini cukup membuat berpikir, mana yang nyata dan yang fiksi. Tonton saja.. film action yang ok sambil menikmati kebersamaan.. Yang menarik memang karena mengusung semangat nasionalisme Amerika, berhubung menjelang Independence Day, 4 Juli 2012. Tentunya film ini juga memanfaatkan momenttersebut untuk meraup uang sebanyak-banyaknya.
Masih ingat film Merah Putih yang mengambil waktu rilis pada 17 Agustus? Berbarengan dengan moment Kemerdekaan Indonesia, film perjuangan tersebut mampu menarik orang untuk menyaksikan keberanian pahlawan-pahlawan Indonesia. Belum lagi film-film yang dirilis pada saat Valentine, Natal, maupun pada saat Lebaran.. People Spend more Money on Seasonal Celebration
Di manapun, pada saat perayaan, tentu orang-orang cenderung mengeluarkan lebih banyak uang. Apalagi pada saat summer, maka banyak sekali film-film berkualitas dirilis pada saatsummer. Summer juga musim liburan sekolah, di mana tempat wisata merupakan jujukan paling hot bagi keluarga, pelajar, maupun para pelancong. So? Kuta di Bali crowded? Pastinya.. People willing to Buy Products, it’s time to Persuade them
Biar gimanapun, walau harus dikasih discount dll, tapi intinya orang lebih mudah untuk dirayu untuk membeli suatu produk pada saat liburan atau karena ada event tertentu.. Contoh saja pada saat Lebaran atau Natal, yang menyediakan parsel pastinya akan panen.. karena mereka tidak lagi sensitif terhadap harga.. We don’t have to create ‘ALL NEW’ tactics to Sell Products
Tidak perlu melakukan kehebohan dengan ide-ide sangat baru yang mungkin belum tentu akan membawa dampak yang signifikan terhadap penjualan pada saat liburan atau event-event tertentu.. Karena bagaimanapun pelanggan tetap akan membeli apa yang kita tawarkan, apalagi kalau apa yang kita jual sesuai momen-nya.. seperti menjual pohon cemara pada saat Natal, pas kan? Walaupun tidak salah juga kalau kita punya inovasi-inovasi baru untuk menjual produk..
Sudah nonton Flowers of War? Tidak banyak yang tabu tentang film ini.. Walaupun kualitas film dan ceritanya sangat apik.. mungkin bisa jadi karena tidak banyak orang yang menyukai genre drama yang dibalut sejarah di Indonesia.. dan filmnya sendiri setahuku sudah dirilis tahun kemarin di luar negeri (kalau nggak salah).. namun mengapa harus keluar sekarang di bioskop Indo?
Bisa jadi sambil orang menunggu akhir dari Saga The Dark Knight Rises yang dibintangi olehChristian Bale, orang akan menonton Flowers of War karena karakter utamanya sama,Christian Bale juga.. tidak sengaja? Maybe yes.. Maybe no.. tapi moment memang penting untuk menjual sesuatu bukan?!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Money Selengkapnya