Mohon tunggu...
David Setiawan
David Setiawan Mohon Tunggu... profesional -

I am a Brand & Business Consultant at CREAinc integrated business solution. My Passion is Marketing Strategic, Branding, Movie, Music, and blogging.

Selanjutnya

Tutup

Money

Garuda Indonesia Experience – Flying Never Been Better

2 Februari 2012   08:36 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:09 726
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rasanya masih terasa sensasi perjalanan udara yang tidak terlupakan pada tanggal 25 Januari 2012 yang lalu.. Setelah melakukan meeting seharian dengan klien di Bali, kemudian berangkat ke Bandara Ngurah Rai untuk kembali ke Kota Pahlawan.. Berharap untuk dapat menikmati perjalanan udara karena badan dan pikiran sudah cukup terkuras tenaganya.. Namun cuaca memang saat itu agak tidak bersahabat, karena angin yang bertiup sangat kencang.. Sehari sebelumnya, memang sempat membuat shock 

:)
:)
.. dengan menggunakan Wings Air, ditunjang dengan angin yang sangat kencang.. landing di Bandara Ngurah Rai dengan 3 kali ‘kejutan’ seperti sedang naik roller coaster.. ingin tertawa sekali lagi kalau mengingat kejadin itu 
:D
:D
.. ada yang tertawa, ada yang tetap cool, ada yang sudah pucat mukanya.. karena tidak tahu apa yang bakal terjadi.. Lalu, tibalah waktunya Boarding.. kembali ke Surabaya dengan menggunakan Garuda Indonesia.. sempat melihat cuaca yang belum bersahabat, angin yang kencang.. Namun berusaha untuk meyakinkan diri bahwa Garuda Indonesia pesawatnya cukup besar, angin kencang mestinya tidak akan seberapa terasa.. :p Lalu yang terjadi kemudian.. tetap saja angin kencang sempat membuat pesawat menjadi bergetar dan membuat orang-orang yang ada menjadi tegang 
:D
:D
Namun bukan experience tersebut yang membuat perjalanan ini tidak terlupakan… Garuda Indonesia Experience Hampir semua orang tahu bahwa Garuda Indonesia melakukan investasi besar-besaran hanya untuk memberikan experience yang unik (Branded Service) ala Garuda kepada para pelanggannya.. Karena Garuda Indonesia cukup gencar melalui berbagai media untuk mengkomunikasikan Garuda Indonesia Experience.. Bahkan menurut informasi ada lebih dari 25 touch point (moment of truth a.k.a. MOM) dengan customer yang diciptakan oleh Garuda Indonesia untuk menciptakan Experience yang unik kepada customernya.. Salah satu SLOGAN yang paling melekat dalam pikiranku adalah ‘ANDA ADALAH INTI DARI PERUBAHAN KAMI‘ sangat emosional kalau kita bicara perusahaan BUMN yang satu ini.. Berusaha untuk memberikan service yang ‘lebih’ bagi pelanggannya, sesuai dengan anxiety dan desire mereka.. Seperti kita tahu, sementara ini Garuda Indonesia tetap berada di segmennya, sementara yang lain bersaing di level Low Cost Airline.. Memang terkesan mewah kalau menggunakan Garuda Indonesia, istilahnya Affordable Luxury, sebuah kemewahan yang terjangkau.. Maka dari itu, Garuda Indonesia memiliki PR cukup besar dalam memberikan differensiasi dalam service-nya, karena di segmen tersebut berharap sesuatu yang lebih dan berbeda dibandingkan dengan maskapai lainnya.. Namun ada yang menarik di tahun 2012 ini terbang bersama Garuda Indonesia.. MOM 1 – Mood Color Lighting
Ketika masuk ke pesawat, lampu di set warna kekuningan yang hangat, jadi terkesan nyaman.. Namun ketika standard informasi penerbangan diberikan, lampu dibuat lebih putih dan terang.. Seolah mengajak pelanggan untuk ‘melek’ dan memperhatikan.. Waktu itu aku merasa, wow.. new experience.. Setelah itu bersiap-siap untuk take off.. Tiba-tiba warna lampu secara smooth berubah menjadi biru yang membuat suasana menjadi tenang… sehingga orang tidak merasa tegang ketika pesawat melakukan take off.. Sentuhan detail yang keren.. two thumbs up.. MOM 2 – Indonesian National Song
LED Screen yang terdapat di setiap kursi bukanlah hal yang baru bagi Garuda Indonesia.. Namun yang menarik adalah ketika mengakses menu multimedia yang disediakan.. Yang pertama kali muncul adalah video klip iklan Garuda Indonesia dengan theme song Tanah Air Beta.. Hal yang biasa memang kalau sebuah maskapai berusaha untuk terus mengkomunikasikan Brand-nya.. namun ternyata theme song Tanah Air Beta juga diputar pada saat setelah pesawat landing.. Feel so Indonesian.. Tanpa ingin sok nasionalis.. Namun Garuda Indonesia sangat terasa khas Indonesia.. I’m so proud.. MOM 3 dst – Masih banyak Moment of Truth yang lain yang memang menjadi Experience yang ditawarkan oleh Garuda Indonesia.. Salah satunya yang aku tunggu adalah koneksi Wi-Fi di dalam pesawat.. it’s really experience, right??!! Terobosan yang diberikan oleh Garuda Indonesia untuk selalu memberikan sentuhan unik bagi pelanggannya.. Overall, bukan hanya ingin memuji Garuda Indonesia.. karena persaingan pasar akan semakin ketat dan semakin menarik untuk diikuti 
;)
;)
tetapi apa yang dilakukan oleh Garuda Indonesia.. semoga bisa menginspirasi marketers.. It’s not just about service.. it’s Experience..Flying Never Been Better..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun