Mohon tunggu...
duwintaanggunramadani
duwintaanggunramadani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hallo selamat datang semuanya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Media Baru Sebagai Media Bisnis

6 Oktober 2024   12:11 Diperbarui: 6 Oktober 2024   12:32 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ihttps://www.depokpos.com/2022/12/ekonomi-dan-bisnis/nput sumber gambar

Di zaman teknologi seperti ini,informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dari masyarakat perkotaan sampai pedesaan. Media elektronik dan media online menjadi jawaban dan pilihan bagi masyarakat di era milenial. Sesuai dengan perkembangan budaya manusia, maka pengertian media disini meliputi unsur teknologi guna mempermudah dan meningkatkan kemampuan mencari, memilih, mengolah, mengirim, menerima, menyimpan dan memanfaatkan informasi. Ekonomi dan bisnis media adalah bagian dari ekonomi secara keseluruhan, khusunya berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan informasi, kebutuhan eksistensi diri, serta kebutuhan komunikasi dan kebutuhan nonfisik lainnya dari sebagian masyarakat. Dengan peningkatan dan meluasnya pemahaman mengenai ekonomi dan bisnis media, diharapkan akan mendorong tidak hanya peningkatan efektifitas ekonomi tetapi juga peningkatan wawasan yang merata pada masyarakat.

          Di era media baru masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mencari berita tetapi bagaimana masyarakat bisa memfilter berita yang ada, dimana berita yang sesuai fakta yang terjadi. Berita yang menurut masyarakat itu penting maupun berita mana yang menarik untuk disimak maka sebab itu dibutuhkan media massa yang dapat diberikan laporan berita yang factual dan terpercaya. Dalam bisnis media, profit didapat dari konten melalui iklan. Tujuan media bisnis yaitu pendapatan (Income), pendapatan adalah masalah penting bagi segenap bisnis, termasuk bisnis media. Media juga bisa memanfaatkan produk seperti apa yang akan mereka jual ke konsumen, media perlu membranding image di masyarakat. Kehidupan manusia saat ini tidak terlepas dari pengaruh iklan yang ditampilkan melalui berbagai media, baik cetak, maupun elektronik.

          Semakin meluasnya pemahaman mengenai ekonomi dan bisnis media, diharapkan akan mendorong tidak hanya peningkatan efektivitas ekonomi, tetapi juga peningkatan wawasan di masyarakat. Peningkatan aktivitas ekonomi ini diharapkan akan menghasilkan lebih kesempatan kerja yang terbuka untuk masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Banyak profesi (lapangan pekerjaan) baru yang muncul dan terbuka seiring dengan berkembangnya media di masyarakat. Nilai tambah ekonomi maupun sosial adalah sumber utama pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, makin tinggi aktivitas ekonomi dan media di suatu daerah, mengindikasikan semakin tinggi pula kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut dan sebaliknya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun