Terinspirasi dari buku pendidikan th 70an..
Sekolah del Oprimido, adalah sekolah rakyat jelata dimasa-masa penjajahan..
Sekolah tanpa bantuan dari pemerihtah, system, proses, cara pendidikan yang sangat seadanya jauh dari kualitas dan mutu pendidikan..
Sekolah del Oprimido, adalah sekolah untuk kaum tertindas, jangankan untuk proses aktualisasi untuk bertahan hiduppun mereka sulit...
Sekolah ini *tidak punya dana untuk modal meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya..*
Tidak seperti sekolah para Bangsawan...
Hingga akhirnya sekolah Oprimido hanya mampu pasrah dan mengikuti Kebiasaan kebiasaan lama dan tertinggal jauh dari Sekolah-sekolah Bangsawan...Â
______
Apakah sekolah Oprimido tidak layak untuk memiliki Mutu dan Kualitas terbaik pendidikan...?Â
Sekolah yang tidak memiliki Dana sebagai penopang, dan pondasi mutu dan kualitasnya... Apakah harus menjadi sekolah "Bangsawan", dan peserta didiknya menjadi "Bangsawan" Dulu untuk menghadirkan mutu dan kualitas...?