Mohon tunggu...
Duta SatyaRamadhan
Duta SatyaRamadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ayo Semangat

JADIKANLAH DIRIMU SENDIRI KARENA KESUKSESAN YANG MENENTUKAN ADALAH DIRIMU SENDIRI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perlunya Penerapan Metode untuk Siswa Sekolah Dasar

16 Juni 2022   09:00 Diperbarui: 16 Juni 2022   09:05 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkelanalkan nama saya Duta Satya Ramadhan dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2021. Untuk kali ini saya akan mendeskripsikan pengalaman yang sering saya jumpai di berbagai sekolah dasar kurangnya metode pembelajaran guna siswa tidak jenuh saat melakukan pembelajaran yang sedang berlangsung didalam kelas. Pembelajaran menggunakan metode merupakan suatu proses pembelajaran yang sistematis dan teratur yang dilakukan oleh seorang tenaga pendidik atau guru saat menyampaikan materi kepada siswa didalam kelas. 

Nah dari pengertian yang saya ketahui diatas tentang pengertian metode pembelajaran siswa sekolah dasar dapat saya artikan bahwa pembelajaran menggunakan metode sangat penting dilakukan saat guru melakukan pembelajaran didalam kelas, kenapa begitu, karena jika guru terlalu memberikan metode biasa aja atau monoton kepada siswa, siswa cenderung akan menjadi lebih mudah jenuh terhadap pembelajaran tersebut, bukan hanya jenuh, siswa juga akan merasa tidak suka saat diajar oleh guru tersebut bahkan akan menjadikan siswa tersebut kurang mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri dari guru tersebut.  

Dari hasil observasi yang telah saya lakukan  di Ss Negeri pendem 01 junrejo kota batu pada 13 juni 2022, dari hasil observasi tersebut kemudian saya bertanya kepada kepala sekolah, tentang metode pembelajaran di dalam kelas apakah diterapkan di Sd Negeri pendem 01. 

Kemarin saya melakukan wawancara kepada kepsek Sd Negeri pendem 01 tentang metode pembelajaran apakah diterapkan di sd tersebut. Menurut  beliau sebagai kepala sekolah sd negeri pendem 01 beliau  "jadi gini mas metode pembelajaran merupakan cara guru menyampaikan materi kepada siswa, untuk sd negeri pendem 01 sendiri sangat menjunjung tinggi cara pembelajaran menggunakan metode, karena siswa sd masih sangat suka bermain tahu sendiri misal kelas 2 sd nah itu kan masih sanggat suka bermain bahkan saat berada di lingkungan sekolah".

Jadi dapat saya simpulkan bahwa dari 100% presentasi penggunakan metode pembelajaran di lingkup sekolah  sd negeri pendem 01 sebanyak 98 %. Oleh karena itu kita sebagai tenaga pengajar masa depan anak bangsa harus bisa mengubah cara pikir anak sekolah dasar dimana dari bermain saya kita selingi dengan belajar menggunakan metode. Kurang lebihnya itu yang dapat saya tarik kesimpulan dari penelitian di sd negeri pendem 01 tentang perlunya penerapan metode untuk siswa sekolaj dasar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun