Mohon tunggu...
Rois Said
Rois Said Mohon Tunggu... -

hidup adalah proses

Selanjutnya

Tutup

Drama

Kisah Si Penjaga Kubur

27 November 2012   04:02 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:37 374
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

FADE IN

KODIR datang ke SOMAD yang lagi jaga di TPU sambil nyabutin jenggot yang gak ada.

SOMAD: Ngapain luh malem-malem dateng?

KODIR: Mau ngelamar jadi penjaga kubur aja bang. Biar Bang Somad bisa

istirahat juga.

SOMAD: Serius luh?

KODIR: Tujuh rius!

SOMAD: Yaudah boleh. Tapi lu musti dites dulu.

KODIR: Apaan aja boleh deh bang, yang penting dapet kerjaan.

SOMAD: Hmm.. kuat juga tekad lu. Okeh. Sekarang langsung gue tes elu. Lu jaga

di sini. Gue pergi dulu, palingan satu jam. Kalo pas gue balik lu

masih utuh, kagak pingsan. Berarti lu lulus. Ngatri?

KODIR: Ngatri Bang.

Somad out frame.

Kodir mulai jaga, lihat-lihat kiri-kanan.

KODIR: Sepi banget ya...

Inframe: POCONG dateng lompat-lompat.

KODIR: (seneng) naah, akhirnya ada juga yang dateng. Heh, sini, sini, sini.

POCONG: (gaya setan) Kenapa baang...

KODIR: Ngomongnya biasa aja ngapa, jangan sok diserem-seremin gitu. Udah

jalan ajrut-ajrutan, ngomong juga nggak bener. Kayak pocong aja luh.

POCONG: Lha, kan emang gue pocong Bang.

KODIR: Ck, aakh. Udeh deh jangan banyak cingcong. Lu mau kemana?

POCONG: Mau nakutin orang.

KODIR: Orang-orang udah pada tidur. Mending lu temenin gue deh. Iseng nih

gue kalo sendirian.

POCONG: (ngomong sendiri) Buset! Ini orang kaga percaya kalo gue pocong

apa ya?

KODIR: Kita maen catur aja yuk. Sini.

Kodir ngambil papan catur, duduk terus buka papan dan masangin. Pocong menghampiri, duduk berhadapan. Tapi pocong cuma diem.

KODIR: Kenapa lu diem aja? Kaga bisa maen catur? Ntar gue ajarin...

POCONG: Kan tangan gue keiket gini bang, gimana bisa maenin pion???

KODIR: Yaudah, sini gue bukain dulu iketan lu.

POCONG: (takut) jangan Bang. Ntar gue gak bisa balik lagi ke kuburan...

KODIR: Repot lu ah! Yaudah, lu tinggal sebut aja mau mindahin pion yang

mana, biar gue pindahin.

POCONG: Ampuun deh, kenapa jadi gue yang dikerjain sama orang???

Terdengar suara ketawa kuntilanak.

Inframe: KUNTILANAK mondar-mandir sambil terus ketawa. Kodir merasa terganggu.

KODIR: Heh, berisik ngapa! Gue lagi konsentrasi nih!

KUNTI: Hiiihihihihii.... hiiiiiihihihi... hii uhuk! Uhuk!

Kuntilanak terbatuk-batuk.

KODIR: Tuh, gue bilang juga apa? Ngeyel sih lu... minum air putih sana,

biar gak batuk...

KUNTI: (sok serem) Saya nggak biasa minum air putih Baaaang.

Saya biasanya minum darah, Baaaaang.

KODIR: Kaga ada. Kalo mau ke PMI sono. Tapi, sebentar...

Kodir menghampiri Kuntilanak.

KODIR: Kalo dilihat-lihat, lu cakep juga sebenernya. Sayang lu gak ngerawat

diri. Daster gak disetrika. Rambut acak-acakan. Keramas kek biar

gak kusut gitu.

KUNTI: Emang dari sononya saya begini Baaang...

KODIR: Emmh gini deh. Lu jadi pacar gue mau gak? Kalo jadi pacar gue,

dijamin lu bisa lebih cakep dari sekarang.

POCONG: Yah, Bang. Jangan rayu dia dong. Dia itu pacar gue Bang...

elu kan manusia, masa kuntilanak diembat juga???

KODIR: Ooh, jadi elu pacarnya dia? Payah lu punya pacar gak dirawat.

Emang udah gak punya duit ya buat ke salon.

POCONG: Pernah gue ajak dia ke salon Bang. Eh, tukang salonnya malah

langsung stroke ngelihat kita. Sampe 10 salon kita datengin,

gitu semua kejadiannya.

KODIR: Ooh payah juga yah tuh salon...

Kuntilanak nyikut Pocong, ngebisikin.

KUNTI: Cong, ini orang apa bukan sih? Kok nggak takut sama kita?

POCONG: Gue juga heran. Malah gue yang dikerjain diajak maen catur segala.

Inframe: TUYUL lari-lari, terus menghampiri Kodir, nengadahkan tangan, minta duit.

TUYUL: Oom, bagi duit Om...

KODIR: Ini lagi anak kecil udah malem gini masih keluyuran. Pulang sono.

TUYUL: Gak mau.. bagi duit dulu..

KODIR: Gak ada.

TUYUL

Kelitikin nih...

Tuyul ngelitikin Kodir. Kodir kegelian.

KODIR: Hihihi.. hihihi.. Gue geli tau! Pocong! Ini anak siapa sih?

Bandel banget.

POCONG: Dia ponakan gue Bang.

KODIR: Elu punya ponakan bukan dididik yang bener, malah disuruh keluyuran.

Udah, daripada lu keluyuran, cari warung aja sono,

beliin gue kopi sama cemilan.

KUNTI: Sini bang, biar saya anter. Takut nggak bisa nyebrang jalan dia.

Kodir ngasih duit kekuntilanak. Kunti dan Tuyul pergi. Kodir mau nerusin maen catur. Tak lama Kuntilanak dan Tuyul balik lagi.

KODIR: Kenapa balik lagi?

KUNTI: Ada yang nyariin Abang kayaknya tuh.

Inframe: SAODAH bertampang jutek, gemuk.

SAODAH: (bentak) Bang Kodiiir!!!

KODIR: Hah? mama???

Kodir mangap, matanya mendelik ketakutan. Kodir sawan.

SAODAH: Jadi di sini sekarang lu mainnya? Udah lupa sama bini??!! Pulang!

KODIR: Ampun Ma.. ampun...

Kodir kejet-kejet (kejang), terus pingsan. Kuntilanak sama Pocong dan Tuyul bengong. Serempak kunti tuyul pocong melihat ke Kodir, sebentar ganti melihat Saodah. Saodah nyolot.

SAODAH: Apa lu semua lihatin gue???!!!

Trio kunti, pocong tuyul meringis ketakutan.

Inframe: SOMAD bingung, lihat Kodir pingsan.

SOMAD: Yah... Kodiir, Kodir. Payah banget lu ah.

Baru ditakutin sama 3 setan udah pingsan...

KUNTI: Bukan Bang.. dia pingsan karena takut ngelihat dia....

Kunti dan Pocong nunjuk Saodah. Somad makin bingung.

SOMAD: (bengong) Eh Buset??

Mohon tunggu...

Lihat Drama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun