Mohon tunggu...
dunia senyap
dunia senyap Mohon Tunggu... -

homo sapiens

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Kalau Saya Jadi Orang Papua

19 Juli 2016   15:07 Diperbarui: 19 Juli 2016   15:13 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Kalau saya jadi orang Papua, saya akan kaget ternyata saya orang Indonesia…

Di TV saya tak melihat ada aktor Papua… Di TV saya lihat kulit hitam artinya buruk rupa!

Kalau saya jadi orang Papua yang Kristen, saya takjub ternyata bukan hanya ras saya yang tak disukai

Rupanya ketika ada artis yang pindah ke agama saya, jadilah ia bulan-bulanan!

Kalau saya jadi orang Papua, akan saya merdekakan tanah ini dengan sepenuh hati!

Merdekakan Papua dari penjajah bernama Indonesia

Dari mereka yang berkulit sawo matang bernama Jakarta

Lantas saya bangun dari tidur di kolong jembatan

Kolong jembatan yang sama seperti di Jakarta kini pindah ke Jayapura

Kalau saya jadi orang Papua

Harusnya saya sadar bahwa para pengemis, pedagang kaki lima, pembantu yang jadi budak di Arab Saudi lebih terjajah dari saya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun