Mohon tunggu...
Citra Kharisma
Citra Kharisma Mohon Tunggu... -

Berbagi informasi mengenai kampus, mahasiswa, dan alumni.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

10 Penulis Novel Muda Terbaik Indonesia 2013 (Top Ten Young Indonesian Novelist)

23 Desember 2013   12:04 Diperbarui: 4 April 2017   17:46 27503
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kemarin sore saya iseng-iseng browsing berita tentang Fatin Shidqia Lubis karena kata teman saya album barunya sudah keluar di gerai KFC. Mulanya saya berpikir albumnya bakal dijual di Disc Tarra (atau mungkin memang sudah dijual tapi saya tidak tau ya?). Lama saya melihat-lihat berita tentang Fatin di google sampai halaman 3. Ada satu berita tentang Fatin masuk peringkat pertama sebagai penyanyi terbaik di Asia. Makin kepo dong, saya buka situs tsb.

Ternyata selain memuat tentang peringkat penyanyi, situs “The Top Tens” juga memuat peringkat-peringkat lain, baik global maupun lokal. Ada pem penasaranain bola terbaik, klub bola terbaik, sampai gadget terbaik. Kalau peringkat tentang Indonesia juga ternyata banyak, ada penyanyi Indonesia terbaik, lagu terbaik, pemain bola Indonesia terbaik, sampai satu kategori yang membuat saya penasaran “Top Ten Indonesian Young Novelist”.

Saya suka sekali membaca novel remaja (teenlit). Sudah banyak saya koleksi, mulai dari Kambing Jantan ala Raditya Dika, Perahu Kertas, Laskar Pelangi, dan lain-lain. Dari berbagai novel-novel yang pernah saya koleksi, ternyata penulis novelnya masuk dalam peringkat novelis muda terbaik. Berikut saya jabarkan:

1.1. Dee Lestari

2.2. Raditya Dika

3.3. Tere Liye

4.4. Arry Risaf Arisandi

5.5. Amelia Masniari

6.6. Alitt Susanto

7.7. Angkie Yudistia

8.8. Muhammad Muamar

9.9. Andri Febrian

1010.Raffreds Northman

Beberapa nama memang sudah terkenal seperti Dee Lestari, Raditya Dika, Tere Liye, Arry Risaf Arisandi film “Drop Out” dan Amelia Masniari alias Miss Jinjing. Namun sisanya saya kurang mengenal Alitt Susanto, Muhammad Muamar, Angkie Yudistia, dan Raffreds Northman.

Meskipun situs ini digosipkan “kurang bergengsi” dalam menyajikan peringkat, tapi dimata saya untuk kategori novelis, peringkat ini sudah layak. Kenapa? Karena saya rasa nama-nama diatas sudah pantas mendapatkan 10 besar yang terbaik. Saya pun iseng-iseng mencari info tentang Alitt Susanto, Muhammad Muamar, Angkie Yudistia, dan Raffreds Northman. Alitt Susanto ternyata penulis novel Shitlicious dan saya pernah membacanya sekilas di gramedia (meskipun tidak beli). Muhammad Muamar adalah penulis buku Long Distance yang katanya best seller (meskipun saya tidak pernah tau kabarnya). Nah, yang saya tau adalah Angkie Yudistia yang ternyata seorang tuna rungu. Sosoknya pernah diundang di Kick Andy. Sementara Raffreds Northman ternyata seorang Blogger Riau yang Go International (kayak Agnes Monica aja), dan baru menerbitkan novel berjudul Melawan Arus.

Apapun yang ada ditulis dalam peringkat ini, saya ucapkan selamat atas prestasi kalian. Saya sebagai pembaca menunggu karya-karya novel anda-anda yang lebih spektakuler lagi. Kali aja kan, saya bisa menerbitkan novel juga biar masuk peringkat.

Sumber: www.thetoptens.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun