Mohon tunggu...
Dunaiyah Dunaiyah
Dunaiyah Dunaiyah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Penggerak Angkatan 8

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

26 Agustus 2023   21:42 Diperbarui: 26 Agustus 2023   22:03 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 2.1

MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR MURID DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Oleh : Dunaiyah, S.Pd.

CGP Angkatan 8

Kab. Cirebon

Dalam kesempatan kali ini, saya menuliskan jurnal refleksi dwi mingguan mengenai modul 2.1 yaitu memenuhi kebutuhan belaajr murid dengan pembelajaran berdiferensiasi. Pada kali ini saya menggunakan 4F, yaitu Facts, feelings, findings dan futures.

FAKTA (FACTS)

Pembelajaran modul 2.1 ini dimulai pada tanggal 21 Juli 2023 dengan diawali pretest paket mdoul 2. Pada awal modul 2.1 di bagiann mulai dari diri saya membuat refleksi individu dengan empat pertanyaan diantaranya kondisi kelas yang saat ini saya ajar, bagaiamana saya melayani murid, tantangan-tantangan yang saya hadapi dan bagaimana pembelajaran itu di rancang dan dievaluasi. Pada tahap eksplorasi konsep, saya membuat diagram frayer mengenai apa yang saya pahami tentang pembelajaran berdiferensiasi, diagram tersebut saya upload dalam drive saya : https://drive.google.com/file/d/1CODYD_-V44NrZSc_yWMdbcNChGZZCaUS/view?usp=sharing . Dalam Ruang Kolaborasi pertama yang dipandu oleh Bapak Anggi Fitri, S.Pd M.Pd selaku fasilitator. 

Dalam sesi satu ini Pak Anggi membentuk kelompok berdasarkan jenjang sekolah. Saya bersama dengan rekan CGP yang lain jenjang SMP yaitu Ibu Inaya, Ibu Uun Unaeni dan Pak Abdul Mukhit. Kami menganlisis kasus SMP dimana kami menyimpulkan bahwa Pak Dudidam sebagai guru SMP melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Berikut link tugas yang telah saya upload: https://drive.google.com/file/d/12JkZ5kaoEFekEV_VQyWPqLV0DxrhlOJV/view?usp=sharing . 

Dalam Demonstrasi Kontekstual, saya membuat RPP pembelajaran berdiferensiasi. Saya membuat RPP sesuai dengan mata pelajaran yang saya ampuh yaitu Bahasa Inggris, saya mengambil materi mengenai Telling the dates and months. Dalam sesi elaborasi, saya sangat bersyukur dapat dipertemukan dengan Bapak Rio Dison, M.Pd. Beliau sangat jelas menjelaskan materi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kami tuliskan dalam LMS. Setelahnya yaitu menyusun koneksi antar materi, saya mengaitkan materi pembelajaran berdiferensiasi dengan materi-materi sebelumnya yang telah saya pelajari di modul 1. Semua materi ini berkaiatan dengan keberpihakan proses pendidikan kepada murid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun