Pada konferensi developer Unite Berlin beberapa hari yang lalu, Unity meluncurkan tools baru yang dirancang khusus untuk augmented reality yang benar-benar dapat meningkatkan teknologi ke tingkat selanjutnya. Pada musim gugur ini, ekstensi baru untuk Unity yang disebut Project MARS (kependekan dari Mixed and Augmented Reality Studio) akan memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi AR yang kuat "yang hidup dan bereaksi terhadap dunia nyata," pungkas Timoni West, direktur penelitian XR di Unity Labs.
West memiliki motto "Reality is our build target", yang berarti ia ingin para developer berpikir bahwa aplikasi yang dibangunnya benar-benar hidup di dunia nyata, tidak sekedar membangun perangkat atau konsol.
Project MARS dirancang bagi para pengembang untuk menciptakan pengalaman AR tanpa customized coding. Misalnya, ekstensi memberi pengembang perangkat baru untuk menggambar parameter spasial spesifik AR, seperti kedekatan, ukuran bidang, dan hubungan jarak, alih-alih mengkodekannya. Ada juga tipe objek baru yang cocok untuk pengembangan AR.
Ekstensi ini juga membawa beberapa perbaikan lain melalui fitur Tampilan Simulasi. Untuk AR face mask, Tampilan Simulasi memungkinkan pengembang melihat bagaimana efek bekerja secara real time melalui kamera yang terhubung. Tampilan Simulasi juga mencakup beberapa templat ruangan untuk mensimulasikan bagaimana konten AR akan bereaksi di ruang nyata dengan rintangan variabel. Misalnya, konten dapat muncul secara berbeda antara di tempat tidur dengan di sofa di ruang tamu, dan dengan demikian memerlukan kondisi yang disesuaikan. Tampilan Simulasi juga berfungsi dengan ekstensi pihak ketiga.
"Sebelumnya, hampir tidak mungkin untuk mengatur bahkan serangkaian kondisi yang relatif sederhana ini tanpa pengkodean," kata West. "Dengan project MARS, Anda sekarang dapat membuat pengalaman yang rumit dan multi-plane dalam augmented reality yang bekerja di berbagai ruang, dan Anda bahkan tidak perlu meninggalkan meja Anda untuk memeriksanya."
Menggunakan perangkat game 3D, West dan Jono Forbes, seorang insinyur perangkat lunak senior di Unity Labs, menunjukkan bagaimana Project MARS dapat digunakan untuk membuat face mask dan adegan AR. Untuk memamerkan kekuatan super perangkat lunak, tim menunjukkan adegan contoh yang mencakup lanskap yang ditampilkan pada dua permukaan meja yang terpisah, dengan jembatan virtual di antara kedua permukaan.
Dengan Facial AR Remote Component, pengembang dan pembuat konten dapat menangkap kinerja pengambilan gerak berkualitas tinggi secara langsung melalui kamera TrueDepth pada iPhone X. Unity menyediakan 52 bentuk campuran untuk mencocokkan ekspresi wajah player dengan karakter animasi.
Penampilan yang dipotret kemudian dapat dipangkas dan digabungkan bersama di Editor Unity, mengurangi jumlah yang dibutuhkan pemain yang harus dibuat untuk mencapai versi final.
Kombinasi dari dua alat baru ini, terutama ketika dipasangkan dengan toolkit bergerak yang berevolusi dari Apple dan Google, atau perangkat keras generasi berikutnya dari Microsoft dan Magic Leap, meningkatkan potensi kualitas konten augmented reality yang lebih tinggi dan membuka pintu bagi lebih banyak pengembang untuk mulai membuat konten untuk teknologi AR.