Mohon tunggu...
Abah Raka
Abah Raka Mohon Tunggu... Buruh - catatan-catatan receh tentang filsafat dan politik

kanal personal: https://abahraka.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Pengen dapat Buku Gratis? Resensi Aja!

18 Februari 2011   04:48 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:30 355
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
12980043731831104242

Amplop kiriman buku dari penerbit KanisiusMembaca aktif adalah sarana mendapatkan ilmu, tetapi seringkali kita lupa apa yang kita baca, seperti kata seorang Filsuf China, Kon Fu Tze. Maka agar tidak cepat lupa, apa yang kita baca baiknya kita tulis. Salah satu kegiatan menulis berkaitan dengan hasil bacaan dari buku adalah dengan mengulasnya kembali melalui resensi atau timbangan buku.

Beberapa kali meresensi buku, khususnya melalui media Kompasiana, cukup mendapatkan respon dari pembaca. Baik dari sisi pengunjung ataupun komentar. Namun demikian belum tentu dengan sendirinya mendapatkan respon dari penerbitnya sendiri atau dari penulisnya. Ketika saya meresensi buku terbitan Gramedia dan Grasindo, saya coba berhubungan dengan situsnya namun tidak tersedia buku tamu untuk menginformasikan bahwa buku terbitannya tersebut telah saya resensi [di sini]. Dus, tidak ada respon sama sekali. Begitupun ketika saya coba kontak salah satu penulis yang kebetulan kontak melalui FB, responnya cukup dingin,"kebetulan buku itu sudah ada yang meresensi," jawabnya dingin. Respon yang cukup bagus datang dari Pak Budiman Hakim salah satu Kompasianer yang saya resensi bukunya [di sini].

Namun demikian responnya tidak mendorong saya untuk kemudian meresensi kembali bukunya yang lain. Alias hanya ucapat terima kasih hehehe. Namun tentu tidak menjadi masalah karena tujuan saya meresensi buku seperti yang saya sebutkan di awal tulisan adalah untuk mengikat ilmu agar tidak cepat lupa.

Suatu saat saya meresensi kembali buku terbitan Kanisius tentang Posmodernisme [di sini]. Iseng-iseng saya cari situsnya dan terdapat buku tamu dalam situsnya tersebut. Kemudian alamat link resensi tersebut yang beritahukan kepada penerbit kanisisu. Tanpa diduga ternyata dari pihak humasnya meminta alamat secara lengkap tempat tinggal saya melalui pesan email. Alhamdulillah bukunya pun masih dengan tema filsafat telah sampai ke rumah saya.

Terima kasih Penerbit Kanisius!

Note: resensi dan kiriman ini sebetulnya sudah lama, setahun lebih, namun baru sadar untuk saya sharing hehehe

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun