Jalan jalan atau traveling sekarang sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Walaupun keadaan ekonomi Indonesia sedang tidak bagus namun dunia traveling tetap banyak peminat. Jadi peluang usaha dalam dunia ini masih sangat terbuka lebar. Bahkan pasar khusus wisata halal pun terbuka lebar.
Saat traveling kadang tidak sejalan dengan rencana yang sudah kita buat, ada hal yang di luar kemampuan kita. Nah di sini kita membutuhkan sesuatu yang bisa membantu. Seperti keterlambatan atau pembatalan penerbangan, kehilangan bagasi, sakit atau bahkan meninggal dunia. Kita sangat membutuhkan TravelInsurance (Asuransi Perjalanan) , untuk menangung resiko resiko yang disebutkan tadi.
Jadi sudah tahu kenapa membutuhkan asuransi perjalanan yah. Betul jaga resiko dari hal yang tidak kita inginkan. Jadi sebelum keberangkatan harus sudah dibeli polisnya, bahkan untuk pengajuan visa ke Eropa travel insurance ini sudah mandatory harus dipunyai oleh traveler. Jadi liburan kita nyaman tidak was was lagi.
Melakukan sebuah perjalanan tentunya sangat membutuhkan kesiapan yang matang. Mulai dari rencana perjalanan kita hari per hari, barang yang akan di bawa, menggunakan moda tranportasi apa. Jadi persiapan sangat diperlukan sekali dalam perjalanan terlebih jika akan pergi ke luar negeri yang sangat berbeda kultur dan budayanya setidaknya mempelajari dulu tujuan perjalanan kita.
Gathering Blogger Mobil123 dan Asuransi MSIG Online
Selasa (11/10) portal otomotif no.1 di Indonesia kembali mengajak rekan blogger dan media gathering di Aruba Restaurant, Pasaraya Blok M Jakarta Selatan sharing mengenai tema "Tips Cara Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan Yang Efektif" dari Asuransi MSIG Online.
Nah sangat menarik temanya, karena asuransi ujung pelayanan nya ada di saat klaim saat terjadi resiko. Jadi kita perlu tahu cara klaim yang efektif. Hal pertama kali harus dipelajari ketika sudah membeli polis adalah membaca secara detil tentang isi polis tersebut. Manfaat apa yang di dapat dari polis yang kita beli secara detil, untuk menghindari susah klaim. Terkadang kita malas untuk membaca apa yang menjadi benefit yang kita dapatkan ketika terjadi resiko. Hal ini yang sangat perlu bagi seseorang yang membeli polis Travel Insurance.
Bapak Bernadus ada tiga hal yang bisa dilakukan agar klaim efektif, yaitu :
- Pahami dan pelajari seluruh manfaat asuransi yang telah anda beli.
- Catat dan segera laporkan melalui layanan Call Center apabila terjadi klaim.
- Lengkapi seluruh dokumen sesuai dengan jenis klaim yang diajukan.
Jika hal ini sudah dilakukan proses klaik akan sangat mudah sekali. Jika kita lupa dengan nomor penerbangan bisa lihat www.flightstats.com dan bisa dijadikan backup kelengkapan data untuk proses klaim. Kita berharap memang tidak terjadi resiko apapun, namun ibi upaya preventif saja. Jadi yang paling penting adalah membaca polis asuransi kita dan manfaat apa saja yang di dapat. Dengan memahami polis proses klaim jika terjadi resiko sudah dipahami.
A. Tindakan yang dilakukan di Luar negeri
1. Mengurus surat kematian
2. Mengurus surat otopsi
3. Mengurus surat dari Departemen Kesehatan bahwa jenazah tidak menderita penyakit menular
4. Memberikan formalin, memandikan dan mengenakan pakaian terhadap jenazah
5. Jenazah yang sudah diberikan formalin akan dimasukkan ke dalam box aluminium dan dimasukkan kedalam peti.
6. Surat dokumen dibawa ke Kedutaan untuk dilegalisasi
7. Secara pararel dilakukan pengurusan pemesanan kargo pesawat
8. Ambulan dipersiapkan untuk membawa peti jenazah ke pesawat
9. Jenazah yang sudah didalam peti dimasukkan kedalam pesawat
B. Tindakan yang dilakukan di Dalam Negeri
1. Ambulan akan membawa jenazah kerumah duka
2. Serah terima jenazah dengan pihak keluarga
Catatan tentang Repatriasi jenazah di MSIG Online ini hanya bisa di klaim untuk yang meninggal karena cidera atau kecelakaan saja, belum bisa klaim repatriasi jenazah yang meninggal karena sakit. Nah ini pentingnya bava polis bro.... ...