PEMANFAATAN APLIKASI GAME ONLINE
DRAGON RAJA DALAM INTERAKSI SOSIAL
DI ERA PANDEMIK
Dhiva Tasya Mawarani
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Univ. Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
-------------------------------------------------------
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan alternatif lain dalam menjaga pola hubungan dan interaksi antar pribadi melalui game online Dragon Raja di era pandemik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode secara kuantitatif melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diuraikan sebagai berikut bahwa hasil kuesioner menunjukkan tanggapan yang baik terhadap pemanfaatan game online Dragon Raja dalam menjaga pola hubungan komunikasi serta interaksi bagi para pemainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada cara lain untuk berinteraksi dengan teman-teman atau orang lain, yaitu melalui sebuah game online Dragon Raja. Dengan adanya game online Dragon Raja sebagai alternatif interaksi dari rumah dapat membantu manusia dalam berkomunikasi sembari menikmati hiburan bersama teman-teman.
Kata Kunci :Â Game online, interaksi, komunikasi, Dragon Raja.
ABSTRACT
The aim of this research to show another alternatives in maintaining patterns of interpersonal relationships and interactions through the online game Dragon Raja in the pandemic era. The method used in this study is a quantitative through a questionnaire. Based on the results, the questionnaire show good responses for using online game Dragon Raja in maintaining patterns of communication and interaction relationships between the players. Thus it can be concluded that there is another way to interact with friends or other people, namely through an online game Dragon Raja. With the online game Dragon Raja as an alternative interaction from home, it can help humans communicate while enjoying entertainment with friends.
Keywords: Online game, interaction, communication, Dragon Raja.
PENDAHULUAN
Virus SARS-CoV-2 atau Covid-19 pertama kali terdeteksi di Cina pada akhir tahun 2019 hingga pada Juli 2021. Virus yang telah menyebar ke seluruh dunia selama dua tahun ini menyebabkan lebih dari 178 juta kasus yang dikonfirmasi dan 3,9 juta kematian dari sejumlah negara. Beberapa kasus awal terkait dengan pasar basah di Kota Wuhan, tempat klaster pertama infeksi Covid-19 tercatat.