Kebanyakan masalah dimulai dari orang dan kebanyakan masalaha juga diakhiri dengan orang juga. jika semua orang dalam sebuah perusahaan atau organisasi mengambil tanggung jawab atas segala tindakan mereka, maka masalah yang timbul akan semakin sedikit. Jadi sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa yang menjadi area tanggung jawab kita.
Menjadi orang yang bertanggung jawab berarti memiliki kemampuan untuk merespon pada situasi dan orang disekitar kita. Pikirkanlah apa yang menjadi tanggung jawab kita, alat bantu apa yang dapat membantu anda bertanggung jawab pada area kerja anda dan sebisa mungkin juga memikirkan kelancaran proses setelah kita yang memerlukan bantuan atau interaksi kita, dengan demikian tidak saja dapat membantu kemudahan hidup anda, melainkan juga bermanfaat bagi orang sekitar kita.
Mengambil tanggung jawab kepada diri kita dimulai dengan hal-hal yang kecil seperti datang tepat waktu, memperhatikan penampilan anda, menjaga semangat anda, berhubungan dengan rekan sekerja, kolega, atasan dan bawahan, tetap tersenyum dan menjaga kontak mata ketika melakukan pembicaraan dengan orang lain. Jika anda dapat melakukan hal ini, anda sedang berada di jalan yang benar di dalam melaksanakan sebuah tanggung jawab.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H