Oleh: Dr. Ir. Vina Serevina, MM., Tri Aprilia Lita, Fisika, Universitas Negeri Jakarta, 2022.
Apa itu Kewirausahaan??
Kewirausahaan merupakan dunia usaha yang berkaitan dengan pemanfaatan peluang, pengelolaan sumber daya guna memperoleh keuntungan. Apapun ide usaha yang akan dilakukan dan besar modal yang dimiliki suatu perusahaan, kemudian peralatan produksi yang canggih dan modern, serta kualitas produk perusahaan, semua itu takkan berarti jika tidak memiliki marketing atau pemasaran yang baik, sehingga pihak pemasar pasti membutuhkan soft skill marketing.
Adapun pengertian marketing atau pemasaran adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dari suatu perusahaan kepada konsumen. Jika dahulu pemasaran menggunakan iklan billboard, televisi, koran, sekarang di era digitalisasi yang semakin pesat, pemasaran dapat menggunakan media internet, seperti iklan di sosial media, endorsement atau dapat menggunakan website.
Untuk dapat memahami tentang manajemen pemasaran, kita perlu tahu beberapa istilah yang sering digunakan oleh pemasar, yaitu yang pertama ada kebutuhan. Kebutuhan merupakan hal-hal yang diperlukan oleh para konsumen. Ketika kebutuhan berubah menjadi keinginan, berarti hal tersebut telah mengarah kepada produk spesifik. Selanjutnya ada permintaan, dimana jika keinginan terhadap produk tertentu dibarengi dengan kemampuan untuk membeli.
Keempat segmentasi, yaitu proses membagi pasar yang heterogen menjadi homogen. Kelima value proposition yaitu, kumpulan manfaat yang dapat memuaskan suatu kebutuhan. Terakhir yaitu kepuasan, dimana merupakan refleksi penilaian seseorang atas perbandingan antara kinerja riil produk dan harapan konsumen.
Mengapa kita harus mencari strategi pemasaran dalam bisnis atau usaha kita?
Dalam memasarkan suatu produk kepada konsumen, para pemasar harus mampu menciptakan kepuasan bagi para konsumen tersebut. Untuk menciptakan kepuasan konsumen, para pemasar harus memiliki suatu strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya.
Salah satu strategi pemasaran (marketing) adalah dengan menggunakan strategi marketing mix. Marketing mix atau bauran pemasaran meliputi product (produk), price (harga), promotion (promosi) dan placement (distribusi). Variabel-variabel tersebut diharapkan mampu menciptakan kepuasan konsumen atau dapat memengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli produk kita.
Pada variabel produk, pengusaha mempengaruhi konsumen melalui produk yang ditawarkan, produk dengan kualitas yang baik dari segi bahan baku pembuatan, kualitas dan manfaat dari bahan baku tersebut hingga kemasan dari suatu produk.
Kemudian variabel harga, jika suatu produk memiliki kualitas produksi yang baik serta harga yang terjangkau, tentunya dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut, dan jika pengusaha tetap menjaga mutu dari produk yang dia jual, tentunya konsumen akan menjadi pelanggan setia dari perusahaan kita.