Mohon tunggu...
driand adi
driand adi Mohon Tunggu... -

manusia biasa yang biasa-biasa saja

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sebuah Narasi Kuburan Tua Belanda di Kebun Raya Bogor

6 Mei 2015   13:58 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:19 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kebudayaan merupakan bagian dari masyarakat. Dengan kebudayaan masyarakat membangun identitasnya. Dan melalui identitas masyarakat mengaktualisasikan karya-karya terbaiknya yang kemudian disebut peradaban. Keberadaan peradaban bagi masyarakat menggambarkan sebuah kenyataan dinamis dari suatu kebudayaan (Kleden, 1988:xix). Sehingga bercermin dari peradaban akan menunjukkan kualitas suatu dinamika masyarakat.

Salah satu bentuk aktualisasi peradaban dalam kebudayaan ini adalah kesenian. Dan satu produk kesenian ini adalah desain. Secara umum desain dijabarkan sebagai gambar, diambil dari kata Itali "designo" yang artinya gambar, dan kata Latin "designare" yang kemudian menjadi unsure serapan dalam bahasa Inggris menjadi "design" yang berarti merencanakan atau merancang.

Desain dalam kesenian memegang peranan penting. Melalui desain sebuah karya seni dapat berwujud maksimal, karena karya seni tidak selesai sebagai karya saja, dibaliknya menjadi akumulasi dari beragam pola imajinasi, konsep, maupun ekspresi penciptanya. Karya dalam proses kreatifnya bukan sesuatu yang asing tetapi melekat dengan unsur-unsur nilai, personal, dan social. Karya dalam unsur nilai berarti disetiap karya seni, dalam proses penciptaannya tergantung dengan nilai-nilai yang dekat dan dipilih penciptanya, dapat berupa nilai spritual, adat-istiadat, maupun nilai-nilai ideology tertentu. Dalam hal ini karya dalam unsure nilai menggambarkan proses mentifact dari penciptanya. Karya dalam unsure personal merupakan substansi dari aktualisasi penciptanya dalam proses kreatifnya. Dalam hal ini karya menjadi monument eksistensial pencipta dalam menawarkan ide, gagasan, maupun konsep-konsep kepada audiens. Karya tidak tercipta diruang hampa tetapi melekat pada dasar penciptaan yaitu ekspresi dan pengakuan (akomodasi atau resistensi). Sedangkan karya dalam unsure social adalah pendekatan yang memposisikan karya sebagai subjek dan objek dari relasi-relasi yang terbentuk, yaitu antara pencipta dan masyarakat maupun masyarakat dan pencipta. Terjalin hubungan intersubjektifitas yang saling mendekatkan antara pencipta dan masyarakat melalui karya seni hingga keberadaan suatu masyarakat dapat diukur dari seberapa besar apresiasi terhadap karya seninya itu sendiri. Karya dalam unsure sosial menggambarkan proses sociofact dari penciptanya.

Dalam mata kuliah Kajian Desain, hal penting yang mesti dicapai dari mata kuliah ini adalah kemampuan untuk menerapkan pengetahuan desain sebagai ilmu dalam meninjau secara kritis, rasional, dan ilmiah terhadap beragamnya produk desain sebagai hasil cipta masyarakat, industri maupun organisasi. Dengan demikian pengetahuan desain sebagai ilmu, telah melampui pengertian desain itu sendiri sebagai cara, metode, atau sekedar teknik-teknik dalam proses penciptaan karya tetapi dapat diposisikan menjadi alat analisa terhadap produk desain dalam proses kreatifnya. Landasan ilmu dalam pengetahuan desain telah mengarahkan desain sebagai konsep kreatif untuk berelasi dengan ilmu-ilmu lain, sehingga akan memberikan khazanah baru, tidak saja akan menambah perbendaharaan konsep-konsep desain, yang lebih penting memperluas otoritas desain untuk membentuk karya desain yang tidak saja berkualitas bermutu dan sarat dengan konsep-konsep yang dapat diterjemahkan secara logis, dan rasional tetapi dapat mengevaluasinya secara kritis, ilmiah, dan rasional. Rasionalisasi dalam proses evaluasi serta peninjauan terhadap karya desain akan memberikan gambaran tingkat pengkualitasan karya cipta desain terhadap proses pemikiran yang terbentuk didalamnya.

Satu hal konkret yang dapat diterapkan dalam mengkaji desain sebagai hasil cipta masyarakat, industri maupun organisasi adalah melihat salah satu situs makam tua Belanda (kerkoof) yang berada di Kebun Raya Bogor. Pilihan makam tua Belanda di Kebun Raya Bogor ini sebagai objek kajian desain didasari pertimbangan pertama, pengertian makam tidak saja dipahami dalam arti umum "pekuburan/tempat orang dikuburkan setelah kematian", tapi penggambaran sisi kebudayaan masa lalu yang terdokumentasikan. Dalam hal ini makam tua Belanda merupakan sumber sejarah yang kaya fitur desain yang dapat diterjemahkan/dievaluasi/dipelajari bagi konteks kekinian. Kedua, melihat keterkaitan makam tua tersebut dalam sisi arsitekturnya serta ragam hias berupa desain dengan ornamen-ornamen tertentu yang melekat didalamnya maka akan memberi gambaran peran serta posisi makam yang merefleksikan pola-pola tertentu sebagai manifestasi arus pemikiran utama yang dominan hingga dapat dipelajari/diterjemahkan/dievaluasi dalam konteks kekinian. Dan ketiga, mempelajari makam tua Belanda dalam sisi pandang yang berbeda diharapkan akan menambah pengertian serta konsep-konsep baru yaitu disatu sisi dapat mempertajam perbendaharaan konsep bagi proses kreatif penciptaan karya desain, dan disisi lain memperkuat pemahaman mata kuliah kajian desain berupa pengayaan wawasan secara practical.

SELINTAS KERKOOF (MAKAM TUA BELANDA) DI KEBUN RAYA BOGOR

Secara umum pemakaman tua Belanda di Kebun Raya Bogor ini tampak phisik tidak jauh berbeda dengan makam-makam pada umumnya. Dibangun sebagai pemakaman khusus bersamaan dengan pembangunan Istana Bogor dibawah perintah Gubernur Jendral VOC Baron van Imhoof (1705-1750). Sehingga keberadaan makam ini jauh lebih tua dari Kebun Raya Bogor yang didirikan tahun 1817 0leh C.G.C. Reinwardt. Bentuk nisan, ornament, dan tulisan yang terdapat ditiap nisan makam sangat menarik untuk diamati dan dipelajari.

Di kompleks pemakamam tua ini terdapat 42 makam, 38 diantaranya mempunyai identitas sedangkan sisanya tak dikenal lagi (rusak dimakan zaman). Kebanyakan yang dimakamkan merupakan keluarga dekat Gubernur Jendral Hindia Belanda. Ada makam D.J. de ee Erens, seorang Gubernur Jendral yang menjabat tahun 1836 - 1840. Juga makam Mr. Ary Prins seorang ahli hukum yang pernah dua kali menjadi pejabat sementara Gubernur Jendral Hindia Belanda. Ada pula dua orang ahli biologi yang meninggal tahun 1820-an dalam usia muda dan dikuburkan dalam satu makam. Mereka adalah Heinrich Kuhl dan J.C. Van Hasselt, anggota "The Netherlands Commissions for Natural Sciences" yang dikirim ke Indonesia (dulu disebut Nederlandsche Indie) untuk bekerja di Kebun Raya Bogor.

Makam tertua di komplek pemakaman ini adalah makam seorang administrator toko obat berkebangsaan Belanda yang bernama Cornelis Potmans, wafat 2 Mei 1784. Sedangkan yang paling baru adalah makam Prof. Dr. A.J.G.H. Kostermans yang meninggal tahun 1994. Ia seorang ahli Botani terkenal dari Belanda yang menjadi warga Negara Indonesia sejak tahun 1958. Kostermans dimakamkan dekat lingkungan tumbuhan yang ia cintai sesuai keinginanya. Hingga akhir hayatnya ia bekerja di kantor Herbarium Bogoriense yang terletak di seberang Kebun Raya Bogor.

TINJAUAN UMUM KERKOOF DALAM KONSEP

Fortuin (1988) dalam Lilie Suratminto (2007) menyatakan batu-batu nisan adalah arsip rakyat sebagai warga masyarakat karena memuat data tentang pelaku-pelaku sejarah kehidupan manusia, apa pun peran mereka semasa hidupnya. Batu Nisan dapat dipandang sebagai kenangan (festschrift) seperti halnya buku kenang-kenangan (liber decorum), yang berisi tulisan dari teman-teman dekat pada saat seseorang mencapai usia tertentu atau mulai nonaktif dari jabatannya. Dengan demikian didalam batu nisan terdapat pesan-pesan baik verbal maupun nonverbal. Karena ditiap batu nisan mengandung pesan maka batu nisan pun menyimpan wacana yang dapat diterjemahkan. Wacana yang dimaksudkan disini adalah serangkaian tanda bahasa yang dapat dipandang juga sebagai tanda dalam semiotika berupa semua bentuk bahasa, bukan hanya kata-kata yang tercetak di lembar kertas, tetapi semua jenis ekspresi komunikasi, ucapan, musik, gambar, efek suara, citra dan sebagainya (Garret dan Bell, 1998:3). Sedangkan untuk pesan nonverbal adalah lambang-lambang, yang mempunyai makna tertentu sesuai dengan sistem nilai, dan kepercayaan komunitasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun