Mohon tunggu...
Drajat Agung Nugroho
Drajat Agung Nugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Akun ini digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah

Physics teacher

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Digital Marketing E-Sport untuk Generasi Milenial

20 Desember 2021   00:20 Diperbarui: 20 Desember 2021   08:20 1180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber gambar : https://www.tribunnews.com/)

Oleh : Dr. Ir Vina Serevina, MM., Angestu Heriyoso, Universitas Negeri Jakarta, 2021

Dalam beberapa tahun ini, esports telah berkembang dari peluang khusus menjadi fenomena global. Kerumunan melonjak saat penggemar berbondong-bondong untuk tidak berpikir lagi dan menonton tim bermain dalam turnamen internasional secara langsung. Dan banyak orang hidup online terutama di era pandemi saat ini. Esports mungkin tampak seperti wilayah baru bagi banyak kalangan, tetapi pemasar yang cerdas memanfaatkan kesempatan untuk menjangkau audiens yang besar dan menarik.

Apa itu Esports?

Esports adalah permainan video game yang sedang trend sekarang. Ini biasanya berbentuk kompetisi video game multipemain di mana pemain dapat bermain bersama untuk ketenaran dan uang, biasanya untuk banyak uang. Turnamen populer dapat melihat ribuan orang berkumpul di situs. Acara semacam itu sering disiarkan di Internet, beberapa di antaranya menarik jutaan pemirsa.

Mengapa esports adalah peluang pemasaran yang bagus untuk merek?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa esports merupakan peluang pemasaran yang penting bagi merek.

  • Jangkauan global dan pertumbuhan pesat.

Daya pikat dunia esports memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Di Asia, misalnya, di mana sponsorship menghasilkan pendapatan besar sebesar $374 juta, pengaruh media sangat signifikan. Ini terutama terjadi di Cina, pasar yang sedang berkembang. Hal ini juga cukup menarik bagi kaum muda. Jika Anda ingin mengetahui potensi pertumbuhan esports, lihat infrastruktur Korea yang sangat maju. Esports sangat populer di sini dan sering dianggap sebagai hobi nasional.

  • Cerita yang kuat.

Di antara kenangan tak terlupakan dari Dota2 International adalah cerita dan narasi yang terkait dengan acara ini. Sebelum adopsi Valve, Dota adalah game yang dibuat dan didukung oleh komunitas esports. Banyak pemain yang bersaing di seluruh dunia telah membantu menentukan seperti sekarang ini. Demikian juga, banyak pemain telah membuat pengorbanan besar untuk mencapai tingkat kompetisi ini.

  • Komunitas yang berkembang.

Komunitas esports adalah salah satu aset kami yang paling kuat, dan mempertahankannya bisa menjadi hadiah besar untuk merek apa pun. Anda dapat menempatkan komunitas Anda di pusat strategi Anda. Misalnya, penyedia streaming global Twitch mencoba ini dan itu sukses instan. Komunitas hanya dapat dibangun di atas nilai-nilai bersama. Nilai terbesar dari komunitas esports adalah budaya belajar.

  • Akses ke pasar negara berkembang.

Meski esports sudah populer, pasarnya masih muda. Merek yang menerapkan awal ini membangun ekuitas merek yang berharga dengan bantuan penggemar setia.

Permainan kompetitif didasarkan pada data perilaku konsumen, jadi pemasaran harus menjadi fokus. Memang benar bahwa permainan kompetitif sebagian besar merupakan strategi pemasaran dan bukan sumber pendapatan yang besar. Namun, pengalaman selalu menjadi pendorong utama produk dan merek. Dengan bauran pemasaran yang tepat, pemasaran esports dapat menghasilkan pendapatan yang solid untuk bisnis anda.

Namun, daripada menghasilkan pendapatan langsung, lebih penting untuk membangun hubungan merek ke konsumen dan mendapatkan perhatian dengan menambah komunitas. Ini cukup baik untuk pemula, terutama mereka yang sudah berinvestasi di bidang ini. Menjaga upaya dan pesan yang tulus adalah kuncinya di sini. Ini membantu membangun merek Anda sebagai anggota komunitas yang berharga. Berkomitmen untuk melakukan ini akan menuai manfaat dari keterlibatan, loyalitas merek, dan kesadaran merek. Beberapa contoh cabang esport yang sangat popular di kancah internasional antara lain:

  • Dota 2

Setiap hari, jutaan pemain di seluruh dunia memasuki pertempuran sebagai salah satu dari lebih dari seratus Pahlawan Dota dalam bentrokan tim 5v5. Dota adalah game RTS aksi multi-pemain terdalam yang pernah dibuat dan selalu ada strategi atau taktik baru untuk ditemukan.

Dari ahli taktik magis hingga penjahat ganas yang licik, kumpulan pahlawan Dota 2 sangat besar dan beragam tanpa batas. Lepaskan kemampuan luar biasa dan ultimate yang menghancurkan dalam perjalanan Anda menuju kemenangan.

  • PUBG Mobile

PUBG MOBILE adalah game seluler battle royale yang dibuat secara independen oleh Lightspeed & Quantum Studios dari Tencent Game yang dilisensikan secara resmi oleh Player Unknown's Battle Grounds. Dirilis secara global pada Maret 2018, PUBG MOBILE diciptakan dengan Unreal Engine 4 dan berfokus pada kualitas visual, peta, pengalaman menembak, serta aspek lainnya untuk memberikan pengalaman Battle Royale yang nyata bagi para pemain. Seratus pemain akan mendarat di medan tempur untuk memulai perjalanan yang intens sekaligus menyenangkan.

Selain mencari suplai untuk bertahan hidup, pemain juga harus memanfaatkan potensi maksimal dari medan peta, kendaraan, dan item untuk menjadi tim terakhir yang bertahan di medan tempur. Periksa detak jantungmu dan waspadalah saat zona bermain mulai menyusut. Berbagai peta tersedia untuk dipilih, mulai dari Erangel, Miramar, Sanhok, Livik, dan banyak lagi. Hingga saat ini, pengaruh PUBG MOBILE tidak hanya memenuhi tujuannya sebagai game, tetapi juga merupakan pusat yang menghubungkan pemain dari seluruh dunia sekaligus brand yang menginspirasi para pemain untuk hidup maksimal sesuai passion mereka.

  • Free Fire

Free Fire adalah game menembak battle royale. Setiap permainan menempatkan 50 pemain di satu pulau, di mana mereka dapat menjelajahi peta yang luas, bersembunyi di alam liar, atau berusaha melenyapkan pemain musuh untuk menjadi orang terakhir yang bertahan di pulau itu.

Selain battle royale, mode permainan lain juga tersedia di Free Fire. Mode Clash Squad adalah salah satu mode permainan yang semakin populer. Mode permainan menempatkan 2 tim dari 4 pemain di lokasi kecil, di mana mereka terlibat dalam beberapa putaran pertempuran untuk menentukan tim yang lebih terampil. Mode lainnya termasuk Pet Rumble yang lebih kasual, sebuah permainan sosial di mana pemain terlibat dalam pertempuran akal.

  • Mobile Legend Bang Bang

Mobile Legends Bang Bang adalah arena pertempuran online multipemain seluler (MOBA) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Dirilis pada tahun 2016, game ini menjadi populer di Asia Tenggara dan merupakan salah satu game yang dipilih untuk kompetisi esports perebutan medali pertama di Southeast Asian Games 2019 di Filipina.

Mobile Legends Bang Bang adalah game multiplayer online battle arena (MOBA) yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan, tiga "jalur" yang dikenal sebagai "atas", "tengah" dan "bawah", yang menghubungkan pangkalan. Karakter yang dikendalikan komputer yang lebih lemah, yang disebut "minion", muncul di markas tim dan mengikuti tiga jalur ke markas tim lawan, melawan musuh dan menara.

  • Genshin Impact

Genshin Impact bukanlah sebuah game pertempuran biasa. Mengombinasikan kekuatan dari berbagai elemen adalah kunci untuk mengalahkan musuh yang kuat dan memecahkan teka-teki yang menantang. Kamu dapat bertarung secara solo, atau dapat mengundang temanmu untuk bertarung bersama melawan monster-monster berbahaya secara multi platfotm di: PS4, iOS, Android, dan PC. Terbang melintasi dunia yang luas, berenang di lautan yang begitu jernih, dan panjat gunung yang menjulang tinggi. Berkelanalah sesukamu dan temukan semua rahasia tersembunyi di balik dunia yang penuh misteri dan keajaiban ini.

References

  1. https://www.adweek.com/brand-marketing/why-esports-may-be-next-great-frontier-marketers-175359/
  2. https://www.dota2.com/home
  3. https://ff.garena.com/
  4. https://genshin.mihoyo.com/m/id/game
  5. https://www.linkdex.com/en-us/inked/esports-marketing/
  6. https://mobile-legends.fandom.com/wiki/Mobile_Legends:_Bang_Bang
  7. https://www.pubgmobile.com/id/home.shtml

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun