SEO dan SEM singkatnya merupakan teknik yang digunakan dalam search engine atau mesin pencarian untuk membantu mengoptimalkan konten atau website yang dibuat agar dapat muncul di halaman teratas, biasanya hal ini digunakan untuk bisnis atau digital marketing.
Kamu sering melakukan pencarian melalui internet? Seberapa sering kamu memilih hasil pencarian yang ada di halaman teratas dan apakah hasil yang kamu dapatkan sesuai dengan keinginanmu?
Pilihan-pilihan teratas pada halaman pencarian tentu tidak muncul dengan sendirinya, kebanyakan para pembuat konten memperhatikan keywords atau kata kunci yang sesuai. Hal tersebut termasuk dalam SEO dan SEM.
Search Engine Optimization (SEO) singkatnya merupakan pengoptimalan dari mesin pencarian agar konten atau web yang dimiliki dapat berada di bagian teratas halaman pencarian dengan cara menyesuaikan atau menghubungkan keywords yang dicari dengan keywords yang ada di konten atau web tersebut. Ebner & Granitza dalam bukunya "The SEO Book" menjelaskan bahwa SEO merupakan singkatan untuk yang mendapatkan popularitas tertinggi di antara situs web profesional maupun individu.
Search Engine Marketing (SEM) juga merupakan teknik dalam mesin pencarian, namun lebih mengarah terhadap bisnis atau marketing. SEM merupakan upaya yang dilakukan untuk membuat konten atau website muncul pada halaman teratas pencarian dalam bentuk iklan, sehingga SEM ini membutuhkan biaya untuk mengiklankan konten atau web kita di bagian teratas halaman pencarian.
Pentingnya memahami SEO & SEM
Dengan memahami SEO dan SEM tentu dapat membantu konten atau web kita agar dapat lebih banyak dikunjungi karena muncul pada bagian teratas halaman pencarian. Arnie Kuenn and Michael Schwartz (2010) mengatakan bahwa terdapat dua peluang saat menuliskan keywords pada mesin pencarian, yaitu seseorang akan menemukan konten dan web anda atau mereka akan menemukan kompetitor lain. Sehingga dengan konten anda muncul di bagian atas dapat membantu orang lain dalam menemukan konten atau web anda dengan lebih mudah.
Keunggulan muncul pada halaman teratas
Dengan muncul pada bagian halaman teratas tentu dapat memaksimalkan peluang konten atau web kita akan dikunjungi oleh orang lain. Karena kebanyakan orang akan lebih memilih mengunjungi konten atau web yang terlebih dahulu muncul atau yang ada di bagian teratas dalam mesin pencarian, sehingga memudahkan orang lain menemukan konten atau web kita.
Lalu biasanya keunggulan ini juga dimanfaatkan untuk peluang marketing, sehingga dapat meningkatkan peluang seseorang akan tertarik dengan apa yang ditawarkan. Para pelaku digital marketing selalu berlomba agar mereka berada di bagian teratas halaman pencarian dengan memperhatikan dan menggunakan keywords yang sesuai dengan SEO dan SEM. Keunggulan ini sangat membantu untuk menarik orang lain agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan dalam halaman pencarian.
Perbedaan SEO & SEM
SEO dan SEM pada dasarnya sama-sama merupakan teknik dalam mengoptimalkan penggunaan mesin pencarian, memiliki tujuan yang sama yaitu agar muncul pada bagian teratas di halaman pencarian. Hal yang membedakan keduanya hanya pada bagian biayanya, dimana SEO gratis dan SEM berbayar. SEO dapat digunakan oleh semua orang, namun untuk SEM dikenakan biaya dalam menggunakannya, SEM ini biasanya digunakan untuk keperluan marketing pada jenjang yang lebih serius, karena untuk menentukan keywords yang benar-benar sesuai dengan target.
Demikian sedikit pemahaman serta perbedaan dari SEO dan SEM, menggunakan SEO dan SEM tentu dapat meningkatkan peluang agar konten dan web anda berada di bagian teratas halaman pencarian sehingga lebih meningkatkan peluang web atau konten anda dikunjungi oleh orang lain.