The future of jurnalism? No! This is the journalism now.
Menurut Paul Bradshaw terdapat 3 hal yang menjadi ciri khas jurnalisme masa depan dan ciri khas tersebut menjadi jurnalisme saat ini, yaitu:
1. The real time web
Merupakan teknologi di mana kita dapat mendapatkan informasi langsung sesegera mungkin setelah informasi itu diunggah penulis. Kita juga bisa menonton video langsung tanpa perlu melakukan download atau streaming.
Contohnya media sosial seperti Twitter. Kita dapat mendapatkan informasi segera setelah seseorang mengunggahnya di akun mereka. Karena keefisiennya itu, banyak media seperti Kompas memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan berita.
2. Big data
Menurut Edd Dumbill big data adalah data yang sangat besar dan bergerak dengan cepat sehingga melebihi kapasitas pemrosesan sistem basis data media konvensional atau alat tradisional dan harus diproses dengan media digital.
Big data dapat dibagi berdasarkan data apa yang diambil misalnya sematic web, social graph, dan AR.
Sematic web adalah versi web 3.0 yang memuat informasi dan data lalu menarik kesimpulan data online itu. Misalnya Google yang memungkinkan mesin pencarinya menggabungkan banyak portal website menjadi satu laman.Â
Social graph merupakan data  pemetaan global manusia dan bagaimana mereka saling terhubung. Data ini dapat didapatkan dengan mudah dari media sosial, misalnya Facebook yang memang memfokuskan  untuk saling berkomunikasi.
AR atau Aligmented Reality merupakan teknologi di mana informasi yang ada di dunia maya ditampilkan di dunia nyata.Â