Mohon tunggu...
Dorfince Pigai
Dorfince Pigai Mohon Tunggu... Guru - Guru ,pencapaian s1

Bola volly

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Kurikulum dan Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Ekonomi

14 Juni 2024   15:16 Diperbarui: 14 Juni 2024   15:17 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

:"Perkembangan Kurikulum dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi"

Perkembangan kurikulum di Indonesia telah mengalami perubahan sejak tahun 1947 hingga sekarang. Kurikulum 2013 masih digunakan, tetapi terdapat perubahan yang 

terlihat pada model desain kurikulum, seperti dari sentralistik menjadi desentralistik dan dari teacher-centered menjadi student-centered. Pengembangan kurikulum 

dilakukan secara dinamis untuk sesuai dengan perubahan masyarakat dan tuntutan masyarakat. Kurikulum mempunyai kaitan yang erat dengan tujuan pendidikan, dan 

pengembangan kurikulum diharapkan dapat berimplikasi pada pencapaian tujuan 

pendidikan.

Pengaruh perkembangan kurikulum terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat dilihat pada beberapa aspek. Pertama, kurikulum yang lebih berorientasi pada 

kebutuhan masyarakat dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menghadapi 

tantangan ekonomi.

Kedua, pengembangan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Ketiga, kurikulum yang lebih berfokus pada pengembangan soft skills dan karakter dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk beradaptasi dengan perubahan 

ekonomi, Dan Pengaruh lain nya 

Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pengembangan kurikulum dilakukan secara 

dinamis untuk sesuai dengan perubahan masyarakat dan tuntutan masyarakat. 

Kurikulum mempunyai kaitan yang erat dengan tujuan pendidikan, dan pengembangan kurikulum diharapkan dapat berimplikasi pada pencapaian tujuan pendidikan. Hasil 

penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan kurikulum dilakukan secara 

dinamis yang sesuai dengan perubahan dari masyarakat serta tuntutan masyarakat itu sendiri. Perbedaan pada tiap-tiap kurikulum terlihat pada penekanan pokoknya baik itu pendekatan yang digunakan untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut maupun tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Perbedaan pada model desain kurikulum yang terlihat pada perkembangannya dari masa ke masa tentu juga memiliki suatu 

keunggulan maupun kelembahan tersendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun