Mohon tunggu...
DONY PURNOMO
DONY PURNOMO Mohon Tunggu... Guru - Pengajar dan Penulis

Aktivitas sehari-hari sebagai guru, suka berwirausaha, dan suka menuliskan buah pikiran dalam coretan-coretan sederhana. kunjungi pula tulisan saya yang lain di http://pinterdw.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menjadi Penulis Bebas

8 September 2019   11:09 Diperbarui: 8 September 2019   14:39 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: lunchticket.org

"Menulis adalah sebuah ekspresi diri" 

Kalimat itulah yang menjadi salah satu semangat saya dalam menulis. Pengalaman baru saya dapatkan hari ini, saya mendaftar menjadi penulis disebuah platform penulisan yang cukup terkenal di Indonesia. 

Beberapa artikel sudah saya hasilkan dan view nya cukup lumayan menurut ukuran saya. Namun, hari ini saya memutuskan untuk berhenti menulis di platform itu.

Mengapa?

Alasannya adalah hari ini saya menulis dengan judul "10 Meme Kisah Horor KKN di Desa Penari yang Viral". Dalam artikel itu saya berikan beberapa gambar meme yang menurut saya biasa. 

Setelah saya publish mendapat peringatan ada konten yang bersifat vulgar, tetapi menurut saya tidak ada yang vulgar karena meme itu sebagian juga terpublish di beberapa media online yang kredibel.

Menulis adalah bagian dari sebuah kreativitas yang tak bisa dikekang oleh siapapun selama tulisan itu masih normal menurut etika, nilai dan norma penulisan yang berlaku. 

Mengapa saya memutuskan untuk berhenti menulis dipaltform itu? Karena saya tidak mau membunuh kreativitas saya dalam menulis dengan batasan-batasan yang diberikan.

Mengapa penulis harus bebas?

Pertama, menulis adalah sebuah ekspresi, ide, gagasan yang ditelorkan dalam kegiatan menulis sehingga dibutuhkan ruang yang cukup luas untuk mengekspresikan ide. Pembatasan-pembatasan menulis hanya akan membunuh kerativitas.

Kedua, menulis adalah proses bereksplorasi. Untuk dapat bereksplorasi dengan baik maka dibutuhkan pemikiran dari berbagai sudut sehingga akan mempermudah untuk mengembangkan materi dan ide yang dimiliki oleh penulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun