Mohon tunggu...
Dony Cahyono
Dony Cahyono Mohon Tunggu... Penulis - Linguistics student.

Cause writing is somehow addictive

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Ayo "Move On", Saatnya Masyarakat Indonesia Pakai Media Sosial Karya Anak Bangsa

20 Juni 2019   11:49 Diperbarui: 20 Juni 2019   16:20 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika mendengar kata social media atau versi bahasa Indonesia disebut dengan media sosial, pasti dua kata ini terdengar sangat tidak asing bukan? Tentu saja, karena inovasi futuristik satu ini sedang 'digilai' oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia. 

Media sosial hadir sebagai cara berkomunikasi dengan lebih mudah, cepat, dan menyenangkan. Tentu saja, kehadiran media digital ini telah menghubungkan banyak orang dari berbagai belahan dunia dengan lebih mudah.

Jika pada zaman dahulu, saat kita ingin menghubungi saudara atau kerabat yang berada di luar negeri, kita harus memiliki banyak pulsa seluler dan tarif telepon maupun SMS yang sangat mahal. Namun semenjak media sosial hadir, semuanya serba mudah dan kita bisa berkomunikasi kapan saja, di mana saja, serta dengan siapa saja. Plus, biaya yang dibutuhkan juga jauh lebih murah karena hanya menggunakan data internet.

Di Indonesia, keberadaan media sosial saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Bukan tanpa alasan, beragam fitur, pengalaman, pertemanan, serta keuntungan lainnya yang didapatkan telah berhasil membius semakin banyak orang untuk bersosial secara daring (online). 

Seperti yang dilaporkan oleh lembaga penelitian bidang internet bernama We Are Social, mengungkapkan bahwa dari total 268,2 penduduk Indonesia, 150 juta di antaranya telah menggunakan media sosial. 

Artinya, sebanyak 56% masyarakat Indonesia sudah 'melek' media sosial dan angka ini bisa dipastikan akan terus bertambah setiap tahunnya. Sebuah angka yang terbilang fantastis bukan?

Dengan angka yang terbilang cukup tinggi tersebut, sayang sekali ada sisi lain yang tak sebanding dengan animo masyarakat Indonesia. Saat ini, media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia---yang merupakan buatan luar negeri---di antaranya Whatsapp, Facebook, Instagram, dan seterusnya. 

Memang, tidak ada yang salah kok saat kita menggunakan aplikasi media sosial buah karya dari negara lain selama mampu kontrol penggunaan dan tidak menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik. Bisa kita bayangkan, betapa banyak keuntungan yang didapat dari perusahaan pencipta aplikasi-aplikasi tersebut ketika banyak penggunanya.

Apa Kabar Indonesia?

Data di atas telah menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia telah banyak yang menggunakan bahkan 'kecanduan' media sosial. Kesempatan ini selayaknya dimanfaatkan oleh anak bangsa yang kreatif untuk menciptakan aplikasi serupa asli Indonesia. 

Sudah banyak aplikasi sosial secara online yang tercipta oleh tangan kreatif pemuda bangsa, namun belum ada satu pun yang mampu popularitas Whatsapp dan kawan-kawannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun