Mohon tunggu...
DONNY SEPTIANTO
DONNY SEPTIANTO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa S1 Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UB Tingkatkan Branding Produk UMKM Desa Sumbertempur Melalui Pembuatan Label Merek dan Logo

15 Agustus 2024   15:00 Diperbarui: 15 Agustus 2024   16:16 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Tim Pengabdi

Malang, 25 Juli 2024 – Mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) telah sukses menggelar kegiatan yang berfokus pada pengembangan strategi pemasaran Melalui  Pembuatan Label Merek untuk UMKM di Desa Sumbertempur, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Ia adalah Hilmi Alwan Husain dari program studi Ekonomi Islam angkatan 2022, Donny Septianto dari program studi Ekonomi Islam angkatan 2022, Shahida Pasya dari program studi Ekonomi Islam angkatan 2022, Wennie Candra Kusuma dari program studi Ekonomi Pembangunan angkatan 2022, dan Khayru Ambyarie Percy dari program studi Ekonomi Keuangan dan Perbankan angkatan 2022. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing melalui pembuatan identitas produk atau label merek dagang UMKM lokal .

Program PKM ini disambut dengan hangat oleh Kepala Desa Sumbertempur, Bapak Edi Sucipto. "Kami sangat senang dengan kedatangan mahasiswa dalam membantu UMKM di Desa Sumbertempur. Desa kami memiliki banyak sekali potensi terutama sumber daya alam, namun perlu adanya gebrakan baru dari mahasiswa untuk membantu para pelaku UMKM di Desa Sumbertempur," ujar Edi Sucipto pada sambutan acara sosialisasi (16/07/2024). Kata sambutan juga disampaikan oleh perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yaitu Dr. Susilo, S.E., M.S. “dengan hadirnya mahasiswa di Desa Sumbertempur harapannya dapat membantu khususnya pihak UMKM untuk membangun identitas produknya. Dengan demikian, produk-produk UMKM dari Desa Sumbertempur dapat memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan dikenal oleh masyarakat luas, baik di dalam maupun luar daerah." (16/07/2024).

Dokumentasi Tim Pengabdi
Dokumentasi Tim Pengabdi

Tidak hanya berfokus pada pemberian label merek, namun program ini juga memberikan sosialisasi berupa edukasi kepada pemilik UMKM mengenai pentingnya identitas atau merek pada produk, sehingga tidak hanya output logo yang mereka dapatkan melainkan juga pemahaman yang dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Sosialisasi ini dibawakan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yaitu Dr. Silvi Asna Prestianawati, S.E., M.Si., dan Dr. Susilo, S.E., M.S., yang dihadiri oleh 25 pelaku UMKM di sekitar Desa Sumbertempur serta perwakilan Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Dokumentasi Tim Pengabdi
Dokumentasi Tim Pengabdi

“Dalam rangka membantu UMKM di desa Sumbertempur, kami memfokuskan untuk membantu UMKM sekitar dalam pembuatan label merek dan logo. Selain itu, kami juga membantu dalam strategi marketing yaitu dengan membuatkan video promosi, poster promosi dan banner sebagai tambahan yang nantinya dapat di share melalui sosial media agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas”, Ungkap Hilmi Alwan Husain (21/07/2024).

Sebelum melakukan kegiatannya, mahasiswa melakukan observasi dan kunjungan kepada UMKM di sekitar Desa Sumbertempur yang memiliki kebutuhan dalam pembuatan label merek dan logo. Kemudian, setelah dilakukan observasi dan pengamatan, kegiatan dikerucutkan kepada 2 UMKM yaitu usaha pupuk dari kotoran kambing yang dikelola oleh kelompok tani Jengglong Sejahtera dan Toko Buah milik Ibu Sunarmi. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan langkah yang diambil selanjutnya dapat tepat sasaran dan membantu UMKM dalam memperluas pasar.

Pelaksanaan kegiatan kemudian dilanjutkan dengan memenuhi kebutuhan UMKM yaitu membuatkan logo untuk produk pupuk kelompok tani dan Toko Buah Ibu Sunarmi. Serta membantu dalam strategi promosi dengan membuatkan video promosi, poster promosi, banner dan sticker. Langkah ini diambil atas diskusi panjang dan komunikasi yang berlanjut, bahwa UMKM tersebut masih memerlukan bahan untuk melakukan promosi.

Dokumentasi Tim Pengabdi
Dokumentasi Tim Pengabdi

“Harapan kami dengan adanya program ini dapat membantu UMKM di sekitar Desa Sumber Tempur dan menjadi inisiator agar para pelaku usaha dapat lebih memperhatikan dan mau peduli terhadap identitas produk ataupun label merek bagi usahanya.” Hilmi Alwan Husain Ketua TIM PKM Departemen Ilmu Ekonomi FEB UB(22/07/2024)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun