Manajemen Pemasaran
      Philip Kotler (2012) menyatakan bahwa Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk pengadaan perturan dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi, Menurut Suparyanto dan Rosad (2015), Manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, merencanakan, mengatur, dan mengelola program-program yang mencakup pengkonsepan, penetapan harga, promosi dan distribusi dari produk, jasa, dan gagasan yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.
Pengertian Pelayanan
   Pelayanan adalah setiap aktivitas yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pihak lain. Pelayanan terhadap konsumen sangat penting dilakukan perusahaan karena tanpa pelayanan yang bagus maka konsumen tidak akan mau membeli produk yang akan diperjual belikan. Berikut pengertian pelayanan menurut beberapa ahli Menurut Kotler (Laksana,2018:85), pelayanan adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.
   Menurut Tjiptono (Sunyoto, 2012:236), pelayanan adalah suatu penyajian produk atau jasa sesuai ukuran yang berlaku di tempat produk tersebut diadakan dan penyampaiannya setidaknya sama dengan yang diinginkan dan diharapkan oleh konsumen. Maka berdasarkan pengertian pelayanan diatas dapat disimpulkan bahwa pelayanan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk orang lain yang sesuai dengan yang diinginkan dan diharapkan oleh konsumen.
Kualitas Pelayanan
    Dalam industri jasa kesehatan, kualitas pelayanan merupakan salah satu strategi bisnis yang ditekankan pada pemenuhan keinginan konsumen. Menurut Subagyo dalam  (Al Asri Hasanah, 2019) Secara sederhana, kualitas dapat diartikan sebagai produk yang bebas cacat. Dengan kata lain, produk sesuai dengan standar (target, sasaran, atau persyaratan yang bisa didefinisikan, diobservasi dan diukur).
Kepuasan Pasien
      Menurut Irawan. (2009:129) Kepuasan pasien atau pelanggan. Adalah tingkat keadaan yang dirasakan seseorang yang merupakan hasil dari membandingkan penampilan atau outcome produk yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang. dengan demikian Tingkat kepuasan adalah suatu funggsi dari perbedaan antara penempilan yang dirasakan dengan harapannya, pasien memutuskan memberikan penilaian terhadap jasa dan bertindak atas jasa puas. ada tiga tingkat kepuasan yang pertama:
a. Apabila penempilan kurang dari harapan pelanggan maka tidak dipuaskan.
b. Apabila Penampilan sebanding dengan harapan pelanggan maka akan puas.
c. Apabila penempilan melebihi harapan maka pelanggan sangat puas.