Maraknya situs belanja online, sebenarnya banyak membantu kita untuk berbelanja secara online, lebih fleksibel dan hemat waktu. Mulai dari mencari tiket pesawat, hotel maupun alat-alat elektronik dapat kita beli secara online. Tentunya kita mencari situs belanja yang sudah terpercaya dan dapat diandalkan.
Tertarik dengan nama besar Living Social (sebelumnya Deal keren) yang berbasis di Washington DC,dan di Indonesia berkantor UOB Plaza, Lantai 42 Jl. MH Thamrin Kav 8-9 Jakarta, saya membeli satu pasang HT Motorola pada tanggal 4 April 2012 dengan cara bayar melalui Klik BCA.
Setelah menunggu 5 hari, saya mulai menelpon ke kantor LS, namun telpon tidak pernah diangkat, saya mencoba mengirim email untuk menanyakan, kapan barang akan dikirim, dijawab barang harus diambil sendiri ke kantor LS. Saya pikir ini aneh, soalnya harga unit yang saya bayar harus ditambah biaya pengiriman, dan ketika transaksi saya sudah mengirimkan data alamat dan no telpon saya.
Berkali-kali saya complain, akhirnya dijawab barang sudah dikirim tanggal 20 april, mohon ditunggu saja, sampai dengan tanggal 25 april barang belum juga datang. Saya complain lagi, sebenarnya butuh waktu berapa lama untuk mengirimkan barang dari Jakarta ke Bekasi? Setahu saya, jika menggunakan jasa kurir, barang akan sampai maksimal 2 hari kerja. Dijawab oleh LS, barang sebenarnya sudah dikirim olehpihak JNE, namun saya tidak dikenal oleh lingkungan sekitar, mereka meminta saya memberikan alamat jelas beserta no telpon yang dapat dihubungi.
Ini lebih aneh lagi, alamat yang saya cantumkan adalah tempat usaha saya, jangankan lingkungan sekitar, ketua RT maupun RW mengenal saya secara pribadi. Dan sayapun sering menerima kiriman paket maupun surat, dan kurir atau petugas pos tidak pernah tersasar. Saya meminta LS untuk jujur, jika memang belum dikirim jangan dikatakan alamat tidak jelas dan saya meminta kepastian kapan barang akan dikirim. Hingga sekarang jawaban belum saya terima, kepastian barang juga tidak jelas. Forum diskusi di situs LS juag dibanjiri complain berbagai masalah yang tidak ada yang menjawab dari pihak LS dalam tiga hari ini.
Semoga ini menjadi pembalajaran bagi kita semua, jika ingin berbelanja dengan harga murah, jangan sampai karena harga murah menjadikan pelayanan yang kita dapatkan menjadi murahan.
Salam Kecewa
Doni Hardiyanto
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H