Pakar SEO Indonesia adalah sebuah keyword yang sangat bergengsi khususnya bagi kalangan komunitas netizen yang menekuni bidang optimasi mesin pencari atau orang-orang yang berprofesi sebagai SEO Specialist.
SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization atau terjemahan bebasnya adalah pengoptimalan mesin pencari. Apa sih maksudnya?
Jadi begini, tentu anda sudah terbiasa menggunakan ponsel atau laptop untuk mengakses internet. Nah, ketika ingin membaca berita atau mencari informasi tentang apapun, anda harus menggunakan search engine atau mesin pencari. Yang paling populer dan hampir semua orang menggunakannya adalah Google, meskipun diluar itu masih banyak mesin pencari lainnya yang bisa digunakan, antara lain ;
- Yahoo,
- Bing,
- Baidu,
- AOL dll.
Oleh karena sebagian besar netizen menggunakan Google sebagai search engine, maka para pakar seo lebih fokus bekerja untuk mengoptimasi pada mesin pencari Google.
Apa tujuan SEO
Sebagaimana anda ketahui bahwa di dalam jagad raya internet, terdapat jutaan atau bahkan milyaran situs web yang mana masing-masing menyediakan data dan aneka informasi dalam berbagai bahasa di seluruh dunia. Anda bisa bayangkan, betapa besar dan luasnya informasi yang ada di dalam jagad internet ini.
Namun demikian, tidak semuanya kita butuhkan bukan? Kita hanya perlu data dan informasi yang kita butuhkan saja. Nah, dengan menggunakan mesin pencari maka anda akan dengan mudah memperoleh informasi yang paling relevan dengan apa yang anda butuhkan. Tapi tidak hanya itu, selain data yang relevan, mesin pencari juga harus bisa menampilkan informasi yang akurat, up todate, berkualitas dan layak dipercaya. Untuk itulah, maka mesin pencari telah dirancang khusus dengan menggunakan algoritma tertentu, agar dapat mem-filter dan menyajikan data terbaik untuk ditampilkan kepada para penggunanya.
Logikanya adalah bahwa data dan informasi terbaik yang dihasilkan oleh mesin pencari, tentu akan ditampilkan pada urutan teratas atau di halaman pertama bukan? Mengapa? Ya tentu saja agar pengguna bisa lebih mudah menemukan dan membaca informasi yang dibutuhkannya. Terkait dengan hal inilah maka para pakar SEO bekerja.
Jadi, tugas pakar SEO ini adalah melakukan segala upaya untuk mengoptimalkan data atau informasi dengan keywords atau kata kunci tertentu agar bisa tampil di posisi teratas atau di halaman pertama Google.
Anggaplah anda sedang memiliki sebuah website atau toko online misalnya, dan ingin agar konten pada website atau produk anda bisa dibaca atau dilihat oleh banyak orang atau konsumen, maka anda harus melakukan optimasi SEO pada mesin pencari.
Jika anda tidak melakukan upaya apapun terkait SEO dan hanya sekadar membuat konten, menulis artikel atau sebatas menampilkan informasi produk namun tidak tunduk pada kaidah SEO, maka sudah barang tentu, website atau toko online anda akan sepi pengunjung, alias tidak ada atau sedikit sekali yang membacanya. Mengapa demikian? Sebab Google hanya menampilkan kontesn sebuah situs web sesuai dengan algoritma yang mereka bangun. Atau dengan kata lain, jika konten anda tidak tunduk pada kaidah SEO, maka jangan harap konten anda bisa tampil di halaman pertama Google.
Seberapa sulitkah melakukan optimasi SEO sendiri?
Jika bicara mudah atau sulit, itu relatif. Tapi yang pasti, dalam algoritma Google, terdapat 200 lebih kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah konten, agar bisa tampil pada halaman pertama.
Apa saja 200 kriteria itu? Hanya Tuhan dan pihak Google saja yang tahu tepatnya!. Semua pakar SEO di seluruh dunia ini hanya menduga-duga dan menyimpulkan sendiri, apa saja kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah konten bisa tampil optimal di mesin pencari Google.
Namun demikian, dari pihak Google secara resmi juga telah memberikan kisi-kisi tentang apa saja kriteria yang digunakan dalam menyusun algoritma mereka. Dari sinilah maka para pakar SEO dengan tekun mempelajari dan secara kontinu dan konsisten melakukan eksperimen untuk menentukan apa saja yang perlu dilakukan pada sebuah konten website agar memenuhi kriteria atau kaidah SEO yang ditetapkan oleh Google.
Untuk menguasai teknik SEO yang benar tidaklah mudah dan membutuhkan jam terbang yang cukup. Mengapa demikian? Sebab begitu banyak kriteria yang ditetapkan pada algoritma Google meskipun masing-masing memiliki bobot tertentu. Jika anda bisa memenuhi sepertiga saja dari 200 kriteria terpenting dalam algorithma Google, maka anda layak disebut sebagai seorang pakar SEO.
Jika anda tak punya waktu untuk belajar dan tak mau repot, landa bisa menggunakan jasa Pakar SEO untuk menunjang keberhasilan bisnis di internet atau untuk mempopulerkan website anda. Pertanyaannya adalah, siapa saja sih Pakar SEO Indonesia yang benar2 benar ahli, mumpuni dan profesional?
Tentang keywords 'Pakar SEO Indonesia'
Bagaimana cara mengetahui siapa Pakar SEO di Indonesia?
Mungkin anda tertarik untuk menggunakan jasa pakar SEO, tapi bingung dalam menentukan pilihan siapa pakar SEO yang bisa diandalkan untuk melakukan optimasi pada situs web anda.
Memang, profesi sebagai seorang pakar SEO atau yang popular dengan SEO Specialist belum ada sertifikasinya. Mengenai hal ini sedang dikaji oleh Lembaga Sertifikasi Profesi agar dapat segera diterbitkan sertifikasi sebagai Pakar SEO
Jika sudah terbit sertifikasi Pakar SEO, maka tentu anda dengan mudah mencari dan menentukan pilihan dalam menggunakan jasa pakar SEO. Tapi sementara menunggu diterbitkannya sertifikasi pakar SEO, anda bisa mempelajari reputasi seorang Pakar SEO melalui internet.
Reputasi seorang Pakar SEO
Seseorang yang disebut sebagai Pakar SEO tentu memiliki keahlian yang cukup dan dapat diandalkan dalam tugasnya sebagai pengoptimasi SEO. Salah satu cara untuk mengetahui pengalamannya sebagai SEO Specialist bisa diketahui melalui CV (curriculum vitae) milik ybs. Namun demikian hal ini tampaknya terlalu resmi jika harus meminta CV. Mungkin cara lainnya adalah dengan mencari informasi melalui internet.
Seorang Pakar SEO tentu harus bisa mengoptimasi konten miliknya sendiri sebelum melakukannya pada situs web klien. Oleh sebab itu, mari kita coba mencari informasi tentang pakar SEO di Indonesia melalui Google dengan kata kunci ; 'Pakar SEO' atau 'Pakar SEO Indonesia'
Caranya dengan membuka halaman beranda google.co.id, lalu ketikkan keyword 'pakar SEO' atau 'pakar seo indonesia' pada kolom yang tersedia, sebagaimana pada gambar berikut ini ;
Setelah itu klik enter atau 'go' pada ponsel anda, tunggu sejenak dan lihat apa yang muncul di halaman pertama. Dari sana, setidaknya anda sudah bisa menemukan dan membaca nama-nama Pakar SEO Indonesia versi Google.
Pertanyaannya adalah apakah mudah bagi seorang Pakar SEO agar konten miliknya bisa tampil di halaman pertama Google. Tentu saja tidak. Mengapa? Sebab keywords 'pakar seo' dan 'pakar seo Indonesia' ini sedang dibidik oleh semua pakar SEO Indonesia lainnya bukan?
Semua Pakar SEO tentu sedang berlomba secara tidak resmi untuk mempopulerkan konten mereka di halaman pertama Google, sekaligus hal ini sebagai ajang pembuktian sebagai pakar seo Indonesia yang sejati.
Keikutsertaan Pakar Seo pada event lomba atau kompetisi blog SEO
Jika anda memang benar-benar memiliki keahlian sebagai seorang Pakar SEO, cobalah uji kemampuan anda dengan mengikuti berbagai kontes atau lomba SEO yang diadakan. Seberapa  mampu anda meraih juara ? Bagaimana anda bisa disebut sebagai Pakar SEO, jika tak pernah tampil sebagai pemenang, bahkan menjadi peserta lomba saja tidak pernah.Â
Ada pula yang mengaku sebagai Pakar SEO terkenal namun tidak mau ikut lomba SEO. Entah apa alasannya. Apakah karena terlalu sibuk dan tak punya waktu, atau memang merasa tidak mampu atau takut malu jika tidak bisa tampil sebagai juara lomba?
Tingkat persaingan keyword 'pakar seo' dan 'pakar seo indonesia'
Disini saya akan mengajak anda untuk mengetahui seberapa ketatkah persaingan pada keywords ; pakar seo dan pakar seo Indonesia itu.
Disini saya menggunakan Google Keyword Planner untuk mengetahui tingkat persaingan keyword pakar seo dan pakar seo Indonesia. Dari gambar diatas dapat diketahui bahwa tingkat persaingan untuk keyword pakar seo dan pakar seo Indonesia adalah 'rendah'.
'Persaingan Rendah' disini maksudnya adalah bahwa tidak banyak orang yang membidik kata kunci tersebut. Namun untuk keyword 'pakar seo' lebih banyak dicari oleh pengguna yaitu sekitar 1.000 -- 10.000 per bulan dibandingkan keyword pakar seo Indonesia yang hanya 100 -- 1.000 per bulan.
Secara kuantitatif, memang kedua keyword tersebut memiliki persaingan yang rendah jika dengan pendekatan secara kuantitatif yaitu dari jumlah pengguna. Tapi yang perlu digarisbawahi adalah bahwa keyword ini sedang ditarget atau dibidik oleh semua ahli dan pakar SEO Indonesia. Jadi dengan demikian secara kualitatif, keyword ini sesungguhnya adalah berada dalam persaingan berat dan sangat ketat sebab harus bersaing dengan sesame ahli dan pakar SEO di Indonesia.
Demikian juga sebagaimana yang ditampilkan oleh situs neilpatel.com melalui aplikasi ubersuggest bahwa tingkat persaingan tergolong rendah -- easy, dengan volume pencarian per bulan yang rendah yaitu hanya 590. Jika dibandingkan dengan jumlah artikel dengan judul yang memuat keyword 'pakar seo dan pakar seo Indonesia 918, maka indeks kemungkinannya masuk di halaman pertama sesuai hitungan di atas kertas adalah 'cukup mudah'. Namun demikian, karena para pemainnya adalah sesama pakar seo, maka hal ini menjadi suatu hal yang 'tidak mudah'.
Dengan demikian, saya simpulkan bahwa untuk mengoptimasi konten dengan keyword pakar seo dan pakar seo Indonesia agar masuk di halaman pertama Goggle bukanlah hal yang mudah.
Eksperimen mengoptimasi keyword 'pakar seo' dan 'pakar seo indonesia'
Terkait dengan predikat Pakar SEO Indonesia, dalam hati saya bertanya pada diri saya sendiri
'jika memang saya, Doni Bastian adalah seorang Pakar SEO, apa buktinya?'
Dari sinilah saya tergerak untuk mencoba membuktikan apakah benar bahwa saya ini layak disebut sebagai seorang pakar SEO Indonesia.
Saya akan melakukan optimasi SEO pada artikel di Kompasiana ini, agar bisa tampil di halaman pertama Google, sebagai bukti bahwa saya punya keahlian sebagai pakar SEO.
Mengapa harus artikel di Kompasiana?
Ini bukan hal pertama yang saya lakukan untuk melakukan optimasi keyword 'pakar seo' dan 'pakar seo Indonesia'. Untuk diketahui, melalui website pribadi, saya juga sudah melakukan optimasi untuk keyword pakar seo dan pakar seo Indonesia. Bisa anda lhat di salah satu artikel saya dengan judul Pakar SEO terbaik di Indonesia. Hasil sementara masih berada pada halaman 2 dan masih terus saya targetkan agar masuk di halaman pertama.
Bersamaan dengan hal itu, saya ingin mencoba lagi untuk mengoptimasi artikel di kompasiana ini. Oleh karena di Kompasiana ini saya hanya terbatas hanya bisa menulis artikel, tapi meski dengan keterbatasan ini, tetap akan saya coba untuk mengoptimasi SEO agar artikel ini bisa tampil di halaman pertama Google dengan kaya kunci ; pakar seo atau pakar seo Indonesia.
Keunggulan website Kompasiana
Meskipun saya hanya sebatas sebagai pemilik akun dan hanya bisa menulis artikel, namun dalam proses optimasi SEO artikel ini, terdapat beberapa keunggulan dari Kompasiana untuk menunjang keberhasilan optimasi yaitu;
1. DA = 81 dan PA = 40
Domain Authority -- DA dan Page Authority -PA adalah angka indeks -- max 100, untuk mengetahui kualitas dan potensi sebuah website. Semakin tinggi indeks DA dan PA, maka semakin bagus website tersebut. Tapi menurut saya itu bukanlah segalanya, sebab indeks DA dan PA ini hanyalah sebatas produk dari situs MOZ dan tak ada jaminan atau tidak terkait dengan indeks Google.
Maksudnya, DA dan PA yang tinggi bukanlah jaminan untuk dapat tampil di posisi teratas pada hasil Indeks Google -- SERP. Masih banyak factor lainnya yang harus dipertimbangkan, antara lain on page dan off page seo nya. Namun demikian DA dan PA tinggi yang dimiliki oleh situs kompasiana ini, sungguh merupakan hal positif untuk menunjang keberhasilan optimasi SEO pada artikel ini.
2. Traffic website Tinggi
Sebagaimana hasil pemeriksaan melalui situs neilpatel.com, diketahui bahwa volume traffic website kompasiana rata-rata per bulan lebih dari 6 juta visitor atau rata-rata per hari 200.000 pengunjung. Ini luar biasa besar dan saya yakin jauh lebih besar jika dibandingkan dengan traffic website pribadi milik para pakar SEO Indonesia sekalipun.
3. Umur website ; 14 tahun
Diperoleh informasi dari situs whois.com, bahwa umur domain Kompasiana ini sudah 14 tahun, yaitu terdaftar sejak tahun 2008. Untuk diketahui bahwa usia domain Kompasiana yang sudah cukup tua, juga sebagai penunjang keberhasilan optimasi SEO pada artikel ini.
Dengan berbekal 3 keunggulan Kompasiana tersebut diatas, saya sangat yakin bahwa optimasi SEO pada artikel ini, akan memberikan hasil yang terbaik. Mari kita saksikan, bagaimana tingkat keberhasilan optimasi SEO pada artikel ini.!
Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan optimasi SEO artikel ini, anda bisa cek melalui google.co.id dengan keyword pakar seo atau pakar seo Indonesia
Demikianlah artikel yang berjudul 'pakar seo Indonesia' ini saya buat semoga bermanfaat dan memberi inpirasi maupun motivasi khususnya bagi anda yang sedang bergelut dibidang optimasi SEO.
Salam SEO..
Doni BastianÂ
bukan SEO Specialist
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H