Mohon tunggu...
Dongeng Kopi
Dongeng Kopi Mohon Tunggu... Pramusaji - Berbiji baik, tumbuh baik!

Kedai Kopi yang terintegrasi dengan Taman Baca Alimin, serta Rumah Sangrai yang menghasilkan aneka kopi biji dan bubuk. Ruang paling pas untuk buku, kopi dan komunitas. Hadir di Umbulmartani, berada di kaki Merapi, dan Sasana Krida Dongeng Kopi Roastery di Tirtomartani, 700 meter dari Candi Kedulan, 5 Kilometer dari Candi Prambanan. Keduanya ada di Sleman Jogjakarta

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Rahasia Panjang Usia Hanoman Dibeberkan Dongeng Kopi

30 Desember 2023   13:34 Diperbarui: 30 Desember 2023   13:42 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hanoman bersua dengan Jaya Baya. Ngopi bersama mengurai persoalan perang saudara anak turun pandawa. Dok. Dongeng Kopi

Tahun kembali tanggal, kalender berganti sebentar lagi. Semua yang hidup akan bertambah usia.

Tidak banyak yang panjang usianya seperti Hanoman. Ksatria berwujud kera yang membantu Sri Rama mengalahkan Dasamuka.

Lahir pada zaman Tetrayoga, atau lebih dikenal sebagai zaman Perak. Beribu ribu tahun sebelum peradaban lembah Indus. Putra dari Batara Guru dan Dewi Anjani.

Peristiwa kelahiran terjadi saat Batara Guru dan Batara Narada terbang melintasi angkasa. Moleknya Dewi Anjani membuat Batara Guru terkesima sehingga air kehidupan tumpah ke daun sinom dan jatuh di hadapannya saat bertapa nir wastra di Telaga Madirda. Daun sinom itu ia makan dan seketika itu juga perutnya membesar.

Selepas mengantarkan kemenangan Sri Rama, Hanoman memilih menjadi pertapa di Himalaya. Ia tak pernah kemana mana sampai kemudian membantu Pandawa dalam perang kurusetra untuk melindungi Arjuna.

Hingga kisah Hanoman kembali muncul saat Prabu Jayabaya berkuasa. Ketika terjadi perang saudara antar anak keturunan Pandawa, Hanoman diminta untuk menengahi.

Sebagian orang masih percaya bahwa Hanoman masih hidup. Ia seperti Idris, Ilyas, Khidir, Isa. Masih hidup sampai sekarang.

Tahun kembali tanggal, kalender berganti sebentar lagi. Semua yang hidup akan bertambah usia. Salah satu rahasia hidup panjang dari Hanoman yang perlu kau ketahui adalah tidak pernah kurang dua cangkir kopi setiap hari.

Salah satu resep panjang usia selain gaya hidup sehat dan makan makanan bebas pestisida dan rekayasa genetika.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun