Mohon tunggu...
Dongeng Kopi
Dongeng Kopi Mohon Tunggu... Pramusaji - Berbiji baik, tumbuh baik!

Kedai Kopi yang terintegrasi dengan Taman Baca Alimin, serta Rumah Sangrai yang menghasilkan aneka kopi biji dan bubuk. Ruang paling pas untuk buku, kopi dan komunitas. Hadir di Umbulmartani, berada di kaki Merapi, dan Sasana Krida Dongeng Kopi Roastery di Tirtomartani, 700 meter dari Candi Kedulan, 5 Kilometer dari Candi Prambanan. Keduanya ada di Sleman Jogjakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dongeng Kopi: Lidah Sakti yang Ditakuti Panembahan Senopati (2)

26 Desember 2023   23:44 Diperbarui: 26 Desember 2023   23:48 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Usaha Baru Klinting Melingkari Gunung Merapi membuahkan hasil. Dengan Menjulurkan Lidah hingga menyentuh ekornya. Sumber gambar: Dongeng Kopi

Lidah paling sakti yang ditakuti Panembahan Senopati itu Bernama Baru Klinting. Jelmaan dari Naga yang ingin pengakuan dari sang ayah. 

Baru Klinting tumbuh cepat sekali, ia tinggal di Bengawan Progo. Semakin hari tempat tinggalnya semakin tak muat. Sepanjang waktu hanya kerap bertemu dengan ibunya. Tak sekalipun ia menjumpai ayahnya. Ia bertanya pada ibunya kemana ayahnya, Ibunya menjawab sedang bertapa di Gunung Merbabu.

Pemimpin tertinggi Mangir memang pergi bertapa. Persis saat usia ketujuh kandungan, memohon petunjuk pada leluhur atas takdir yang digariskan.

Setelah lebih dari 12 purnama bertapa, Ki Ageng Wanabaya pulang ke Mangir. Tepat 𝘸𝘪𝘴𝘢𝘯 𝘨𝘢𝘸𝘦 Ki Demang Taliwangsa memberi laporan bahwa sekitar Kali Progo sering longsor, tempat tinggal Baru Klinting '𝘢𝘯𝘢𝘬𝘯𝘺𝘢', seiring pertumbuhan yang makin hari makin membesar.

Sejurus kemudian, Wanabaya menuju sungai yang berhulu di gunung Sindoro. Ia menjumpai 𝘣𝘪𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘳𝘰𝘬 dari longsor tanggul kali hingga menghambat sarana irigasi warga.

Baru Klinting senang sekali. Akhirnya ia menjumpai ayahnya.

" Ayah, akhirnya aku bisa memandang parasmu. Kenapa kau tak pernah nampak sejak aku lahir?"

"Kau bukan anakku. Sebab anakku pasti pilih tanding. Ia sakti dan sanggup melingkari gunung Merapi."

"Aku anakmu. Aku sanggup untuk melakukan itu sebagai bukti akulah darah dagingmu!" ungkap Baru Klinting yakin.

Ia beringsut cepat. Menyusuri kali Progo hingga menemui sungai Bedog naik ke Utara sampai gunung Merapi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun