Mohon tunggu...
Don Joe
Don Joe Mohon Tunggu... -

lelaki biasa, yg ingin bisa menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kisah Pilot Playboy

22 Februari 2012   06:31 Diperbarui: 25 Juni 2015   19:20 2076
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kisah nyata ini tak kuasa saya pendam, saya menuliskan hal ini, agar tidak ada jatuh korban berikutnya.Begini awalnya …

Suatu siang 3 Feb 2012, ‘tuinggg’, BBM dari BB jadul saya berbunyi.  “Mas, kenal cowok ini, kira-2 bgmana ya dia”, tulis si A,  teman saya yg berstatus janda, sambil meng-attach sebuah foto lelaki berpakaian pilot.   Saya memang dekat dgn si A ini bagaikan kakak beradik, entah kenapa si A selalu terbuka pada saya.  Setelah saya lihat foto tsb, saya jawab “Wow, tampaknya baik orangnya, silahkanlah kalau mau pdkt, baiknya temu darat saja jangan BBM, dah lama kenal?”.   Si A menjawab “belum, baru 3 minggu lah, kenal di Facebook, dia ngajak kawin nih.  Katanya dia tinggal di LA, pilot Continental Airlines“. “Oh gitu, ya pdkt aja dulu, jangan buru-2 kawin, kan belum pernah ketemu toooo”, jawabku.  “OK deh Mas, thanks yaa, bye”.

Sorenya, ‘tuinggg’, BBM dari BB jadul saya berbunyi.   “Mas, ada cowok ngajak saya kawin nih, ini fotonya, mas kenal nggak?”, tulis si B, sahabat saya yg berstatus janda juga, sambil melampirkan foto pilot.  “Hoi, hallo B, pa kabar, su lama nyanda bajumpa, kemana aja ngana, tiba-2 mo kawin?”.  “ahh Mas ini ditanyai koq, cepet jawabbb”.  Si B ini lucu, saya paling seneng menggodanya, kalau marah tampangnya biasanya lucu banget.  “iya, iya, sorry, kayaknya baik tuh pilot, sa tra kenal, ngana kenal dia dimana e?”, Tanya saya, padahal saya kaget setengah mati, itu foto sama dgn yg disodorkan si A tadi siang.  “Sa kenal lewat FB, belum lama, kira-2 3 minggu lah, dia ngajak kawin nih Mas, bgmana menurut Mas”. “Hehehe, ya kawin saja tohhh, kan ngana juga su kebelet, mana tahannn, hehehe”. “Husss, mas ini ngawur saja, hati-2 kalau ngomong, emang saya perempuan apaan, mbencekno !!”.

Sambil BBM-an, saya buka FB melalui laptop dan mulai menelusuri si pilot ini, ternyata dia berteman dgn wanita-2 cantik, uniknya, semua koq teman-2 saya dari kota yang sama.  Saya ambil BB lain, saya kontak bbrp teman yg berteman dgn si pilot.  Dan info yg saya dapatkan cukup mengejutkan.  Ternyata si pilot ini merayu mereka semua.  Modusnya, kenalan lewat FB,  merayu, memuji “kamu cantik”, tukeran PIN BB, lalu selanjutnya ngobrol lewat BBM lalu ngajak ketemuan.  Begitu modusnya.    Sekilas info tentang pilot ini, biasanya ngakunya dia pilot di Continental Airlines, tinggal di Los Angeles, punya paspor Amerika, liburan ke Indonesia, menjajagi jadi pilot di Indonesia, Malaysia, Singapore.  Anak orang kaya, punya perusahaan di Indonesia, pokoknya tajir banget dehh.   Punya dua anak perempuan, cerai dengan istrinya, dan melampirkan foto-2 berseragam pilot, dan berfoto di cockpit pesawat.

Uniknya dalam menjalankan modus operandinya, si pilot ini dibantu oleh teman wanitanya yang mengaku sebagai anak-angkatnya.   Sebut saja namanya "AM", yang saya tengarai juga mengaku berprofesi di dubnia penerbangan (awak pesawat).

Kembali ke B tadi saya katakana, “B, sa sudah menyelidiki si pilot pacarmu itu, sebaiknya tinggalkan saja, dia bukan laki-2 yg cocok buatmu.  Hari ini, dia mengajak kawin bbrp perempuan sekaligus, saya punya buktinya.  Sekarang terserah kamu, mau terus atau tidak, ok?  Yg jelas sa su kasih tau pa ngana. “

Sehari kemudian,  saya pinjam account FB teman cewek yg sangat akrab,  yang berteman dengan si pilot.    Pada 7 feb 2012, saya lihat dia mengubah statusnya menikah dengan katakanlah si C.   Karena saya menduga si pilot ini orang nggak bener, saya mencoba menelusuri siapa si C ini.    Dan saya dapatkan info yg cukup ttg si C ini.   Lalu saya berteman dgn si C ini di FB, menggunakan account lain lagi.

Tanggal 8 Feb 2012, “tuinggg”, BBM dari BB jadul saya berbunyi.   Teman saya si D, cewek cakep ibu rumah tangga muncul “Mas, itu pilot sa su tahu,  coba Mas lihat account si E, dia istrinya tuh, di situ si pilot pakai nama lain tapi foto-2 nya sama tuh”.  “Oh ok thanks dear infonya”.   Lalu saya meluncur ke FB si E, dan memang terpampang foto-2 pre-wedding mereka, dgn menggunakan seragam pilot, di sebuah pesawat.  Atas jasa teman saya si D ini, saya mendapatkan info akurat ttg si pilot, termasuk nama aslinya saya dapatkan, yaitu si “DS”.  Karena si D ini ternyata masih ada hubungan kekerabatan, jadi infonya bias saya percaya.  Selain, si D ini juga sempat dirayu oleh si pilot gendeng ini,  hehehe, aneh tapi nyata.   Ada juga si F yang melaporkan, perilaku si pilot yang kurangajar di FB dan BBM, padahal suami si F ini mengetahui password BB istrinya.   Si F mencak-2, marah-2 pada si pilot.

Lalu saya mendekati si C (yg statusnya menikah dengan DL, padahal nama aslinya DS), utk mengorek keterangan dan memberi informasi.   Dengan sabar, kira-2 10 jam ber BBM dgn si C sampai akhirnya bisa meyakinkan bahwa si DS ini punya perilaku demikian.   Hubungan antara si pilot dan C ini menurut saya sudah sangat dekat, terbukti bahwa si pilot bisa mendapatkan uang dari si C.   Saya berkesimpulan, si C ini sudah jadi korban.    Baik secara moral maupun material.    Kasihan, si C ini pengusaha kecil padahal.

Akhirnya, tadi pagi saya bisa mendapatkan password si pilot dari si C, dan saya membuka FB dari si pilot.  MasyaAllah.   Sudah saya duga sebelumnya, bahwa memang dia merayu semua wanita temannya, yg memang menurut saya rata-2 cantik, tak peduli usia maupun status.   Dan wanita-2 itu, hampir semuanya teman-2 saya yg berasal dari satu kota.   Kecuali si C ini.

Nah para pembaca kompasiana yang budiman,  semoga kisah nyata ini dapat menjadi pelajaran bagi kita, terutama para wanita, jangan mudah menerima pertemanan dan jangan mudah percaya terhadap siapapun di dunia maya.   Harus ada referensi utk menerima teman baru.  Dan jangan silau oleh harta meskipun sedang mencari suami yang kaya .

Saya jadi ingat, penebar ranjau paku di jalan.  Ini juga, penebar ranjau cinta di Facebook !

"Tuingggg”, BBM dr BB jadul saya berbunyi.  “Harap menghadap boss, laporan akhir ditunggu”.

Salam kompasiana !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun